Wow, Lulusan Darmajaya Ciptakan Aplikasi Android Pengenalan Fauna 3D

Wow, Lulusan Darmajaya Ciptakan Aplikasi Android Pengenalan Fauna 3D

<
>

BANDARLAMPUNG – Memberikan edukasi kepada anak-anak agar dapat mengenal fauna Indonesia dilakukan dengan berbagai cara.Salah satunya dilakukan Rian Maulana, S.Kom. dengan membuat Augmented Reality 3D.
Lulusan Teknik Informatika Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya ini meninggalkan sebuah karya yang dapat digunakan untuk orang tua yang ingin mengenalkan jenis fauna kepada anak-anaknya.

Skripsi yang berjudul Implementasi Teknologi Markerless Augmented Reality Pengenalan Fauna di Indonesia berbasis Android pun berhasil diselesaikannya. Rian — biasa dia disapa – sebelumnya tak terpikir untuk membuat augmented reality fauna. “Tadinya sebenarnya bukan fauna tapi rumah adat, baju adat, senjata tradisional,” ungkapnya.

Rian menerangkan berdasarkan saran dari salah satu pembimbing dan pengujinya untuk mengenalkan fauna dari Provinsi Lampung. “Tadinya fauna maskot Lampung yaitu gajah tetapi ditambah dengan mengenalkan masing-masing maskot fauna daerah di Indonesia. Terakhir penguji memberikan saran lagi untuk beberapa saja karena nanti berpengaruh terhadap penggarapannya yang lama,” ujarnya.

Atas hasil masukan tersebut, kata Rian, terdapat sebanyak 16 fauna atau binatang dalam program Markerles AR Fauna di Indonesia garapannya. “Ada hewannya gajah, lumba-lumba, anjing, hiu, kerbau, kucing, buaya, burung, rusa, tarantula, dan zebra. Bisa download di play store dengan nama Markerles AR Fauna di Indonesia,” ujar Rian yang wisuda April 2019 ini.

Ketika selesai download di play store nanti akan terdapat menu awal play, guide, fauna list, quit, dan About. Bisa memilih play untuk memulai bermain dengan fauna pilihan yang tertera dalam menu.

Sebelumnya juga arahkan gadget atau android ke arah permukaan lantai yang tidak rata. “Kalau rata dia tidak akan muncul faunanya, karena markernya tidak terdeteksi dari warna indikator merah kuning hijau tersebut,” kata Rian.
hewan yang dipilih untuk dimainkan gerak-gerak juga mengeluarkan suara sesuai dengan jenis faunanya. Dalam play store, rating dari aplikasi Markerles AR Fauna di Indonesia menunjukkan bintang 5.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya, Sriyanto, Ph.D., mengatakan mahasiswa/i Ilmu Komputer dalam pengerjaan skripsi memang sudah menjadi hal biasa dalam membuat program. “Sebagai implementasi selama enam semester menerima materi kuliah dan saat di akhir mahasiswa membuat sebuah program yang menjadi penelitiannya. Mulai dari aplikasi hingga game,” ucapnya.

AR Fauna buatan Rian, kata Sriyanto, merupakan aplikasi android yang diperuntukkan bagi anak-anak dalam mengenal bentuk hewan di Indonesia. “Ini sangat mengedukasi para orang tua dalam mengenalkan binatang kepada anak-anaknya,” tandasnya.

eleven + eighteen =

*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × four =