WP IIB Darmajaya Mengajak Mahasiswa Berbahasa Prancis

WP IIB Darmajaya Mengajak Mahasiswa Berbahasa Prancis

1
<
>

BANDAR LAMPUNG – Warung Prancis Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengenalkan bahasa Prancis dengan menghadirkan narasumber dari Institut Francais Indonesia dan Warung Prancis Indonesia.

Kedua narasumber yakni Koordinator Kerja Sama Universitas Institut Francais d’Indonesia Kedutaan Besar Prancis Indonesia dan Timor Leste, Sylvain Lelong Lacroix dan Koordinator Warung Prancis dan IFI, Ryan Rinaldi disampaikan secara daring melalui zoom meeting, Rabu (24/2/2021).

Sylvain Lelong mengatakan terdapat beberapa kata yang sudah sangat familiar mengenai bahasa Prancis. Sylvain Lelong bersama Ryan mempraktikan bagaimana menanyakan kabar dengan bahasa Prancis. “Bonjour, merci dan Eiffel. Comment ça va? [komong sa va ?] Apa kabar?,” kata Sylvain.

Ryan menjawabnya dengan Ca va bien, merci, et toi? [sa va biang, merci, et toi]. “Artinya, kabar saya baik, dan anda?,” tanya dia kepada Sylvain.

Sylvain mengatakan bahwa kabarnya baik. “Ca va [sa va],” ucap dia dengan bahasa Prancis. Percakapan keduanya pun berlanjut dengan menanyakan nama dengan bahasa Prancis. “Quelle est votre nom (Siapa namamu),” kata Sylvain.

Dijawab Ryan “Je m’ appelle Ryan, et vous? (nama saya Ryan, dan kamu?,” ujar dia yang mendapatkan jawaban Je m’ appelle Sylvain dengan diikuti oleh peserta yang mempraktikannya dalam zoom.

Ryan menjelaskan bahwa bahasa Prancis memang sulit untuk diucapkan. “Terdapat beberapa kata yang memiliki kesamaan antara bahasa Indonesia dengan bahasa Prancis seperti Campus – kampus, téléphone – telepon, halte – halte, brochure – brosur dan banyak lainnya,” tuturnya.

Penanggung Jawab Warung Prancis IIB Darmajaya, Sherli Trisnawati, S.Kom., mengatakan kegiatan pengenalan bahasa Prancis ini untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa dan masyarakat di Lampung tentang pentingnya menguasai bahasa asing. “Salah satunya bahasa Prancis. Bahasa Prancis juga menjadi salah satu bahasa internasional yang digunakan dalam sidang PBB,” ucapnya.

Sementara, Kepala UPT Kerjasama dan Internasional Office IIB Darmajaya, Muhammad Dwiyan Aditiya, S.Pd., M.Pd, mengatakan kegiatan webinar ini juga merupakan program Warung Prancis IIB Darmajaya.

“Karena ini juga bagian dari kerjasama IIB Darmajaya dengan Warung Prancis Indonesia dan IFI untuk mengenalkan bahasa dan budaya Prancis kepada mahasiswa dan masyarakat Lampung,” ungkapnya.

Diharapkan dengan kegiatan ini juga dapat menambah wawasan dari mahasiswa IIB Darmajaya. “Bahasa asing selain bahasa Inggris menjadi nilai tambah seseorang dalam bersaing di Era Disrupsi 4.0,” kata Dwi Yan. (**)

seven − five =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + eight =