The Choir Competition of Darmajaya Digelar 4 April

BANDAR LAMPUNG—Organisasi kemahasiswaan yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni (UKMBS) Darmasuara Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya akan menggelar kompetisi paduan suara bertajuk The Choir Competition of Darmajaya 2013 pada 4 April mendatang. Kompetisi paduan suara yang diikuti pelajar SMA/SMK/sederajat dan mahasiswa se-provinsi Lampung ini bertemakan “Embracing Our Heritage with A Choir melalui The Choir Competition of Darmajaya” yang berlangsung di Aula Gedung B IBI Darmajaya, mulai pukul 08.00 – selesai.

Wakil Rektor III Novita Sari, S.Sos.,MM didampingi Kabiro Kemahasiswaan Muprihan Thaib, S.Sos.,MM menuturkan ajang ini dapat menjadi wadah dan sarana berekspresi bagi kelompok paduan suara di Lampung hingga dapat berkiprah di level nasional dan internasional. “Selain itu, dapat menumbuhkan jiwa berkompetisi yang sehat serta berdaya saing tinggi dalam diri setiap peserta sebagai generasi muda, serta menggali bakat dan potensi remaja yang berbakat di bidang seni musik khususnya bidang paduan suara,” ujarnya, Kamis (28/3).

Ketua Pelaksana Nur Sahid didampingi Ketua Umum UKMBS Darmasuara Irfan Fatoni menuturkan paduan suara di Indonesia telah mengalami perkembangan luar biasa. Hal ini nampak dari suksesnya paduan suara Indonesia merebut gold medal maupun silver medal dalam ajang kompetisi paduan suara tingkat internasional dari tahun ke tahun. “Banyak pula hal positif yang dapat kita ambil dari keberadaan paduan suara yaitu kedisiplinan, kebersamaan, kekompakan, kepekaan rasa. Paduan suara juga telah memasyarakat dan berkembang seperti di sekolah, perguruan tinggi, dan instansi lainnya. Untuk itu, UKMBS Darmasuara menggelar lomba paduan suara atau choir competition,” ujarnya. Selain itu, melalui ajang ini dapat mensosialisasikan UKMBS Darmasuara Darmajaya di Lampung sekaligus mempererat tali silaturahimi diantara seniman-seniman bidang paduan suara di Lampung.

Nur Sahid memaparkan, lomba paduan suara ini dapat diikuti pelajar dan mahasiswa se-Lampung dengan kriteria diantaranya, jumlah anggota paduan suara yaitu 20-25 orang per tim ditambah seorang dirigen. “Ketentuan lagunya, masing-masing kelompok membawakan dua buah lagu, dengan salah satu lagunya adalah lagu daerah yang dibawakan secara acapella, kemudian durasi penampilan, maksimal 15 menit, terhitung sejak dirigen memberi hormat sampai dirigen menutup lagu terakhir,” ujarnya.

Irfan Fatoni menambahkan, UKMBS Darmasuara berhasil meraih sejumlah pernghargaan diantaranya, Juara 1 Atraksi Magang Pesta Minat Bakat IBI Darmajaya 2011-2012, Juara II Lomba Dangdut Solo Pria Peksimida Lampung 2012, Juara III Lomba Dangdut Solo Wanita Peksimida Lampung 2012, serta Juara II Lomba Pop Solo Wanita Peksimida Lampung 2012. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *