Logo-Darmajaya

Bentuk Lambang IBI DARMAJAYA

Lambang Perguruan Tinggi Darmajaya berbentuk perisai yang dikelilingi oleh garis tepi berwarna kuning emas dan biru bertuliskan INFORMATICS & BUSINESS INSTITUTE DARMAJAYA yang menggambarkan keagungan dan keluhuran budi serta tekad dan kesanggupan seluruh sivitas akadeimika Perguruan Tinggi Darmajaya untuk mewujudkan cita-cita bersama yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai amanat Undang-undang Dasar 1945. Dengan memajukan sektor pendidikan maka rakyat Indonesia dan di Lampung khususnya dapat mencapai kemakmuran dan kesejahteraan dengan berdasarkan pada keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

Unsur dan Makna Lambang

Garis tepi berwarna kuning emas menggambarkan keagungan dan keluhuran budi seluruh Sivitas Akademika Perguruan Tinggi Darmajaya yang senantiasa terpancar untuk kemajuan pendidikan di tanah Lampung khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Siger (Mahkota Pengantin Wanita Lampung) berwarna kuning emas dengan 9 (sembilan) lekuk mahkota mencirikan bahwa IBI Darmajaya terlentak di Lampung dan siap menjunjung tinggi kebudayaan daerah sebagai bagian dari kebudayaan bangsa yang senantiasa dilestarikan.

Bola dunia menggambarkan tugas dan fungsi IBI Darmajaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa secara menyeluruh / global.

Buku yang sedang terbuka melambangkan keinginan seluruh civitas academica untuk siap meraih prestasi dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta iman dan taqwa secara terus menerus.

Bintang yang sedang bersinar terang melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Jumlah 5 (lima) bintang melambangkan 5 (lima) Pancasila yang harus senantiasa menjadi pedoman dalam bersikap dan bertingkah laku.

Garis tepi warna biru dengan tulisan INFORMATICS & BUSINESS INSTITUTE DARMAJAYA melambangkan bahwa seluruh civitas academica Informatics & Business Institute (IBI) Darmajaya harus memiliki sifat setia dan patuh dalam menjalankan tugas dan kewajiban belajar dan mengajar demi kemajuan ilmu pendidikan di Lampung khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Setangkai padi dan kapas melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Dengan meningkatkan ilmu pengetahuan maka kemakmuran dan kesejahteraan akan terwujud.

Pita warna putih dengan tulisan EDUCATIO UNIVERSALIS yang berarti bahwa IBI Darmajaya secara ikhlas dan bertanggungjawab bertekad untuk mewujudkan pendidikan yang berwawasan universal dan dapat dinikmati oleh semua anak bangsa.

Gajah Lampung melambangkan kekuatan, ketaatan, jiwa kerja keras, gotong royong, semangat tinggi, kesetiaan, kesabaran, dan pantang menyerah. Seluruh Sivitas Akademika harus mengadaptasi sikap dan sifat baik ini agar para Akademika dapat mewujudkan cita-cita bersama yaitu kecerdasan anak bangsa.

Motto

“BE BOLD, BE VIBRANT, BE A TECHNOPRENEUR”, motto Darmajaya diciptakan oleh Bapak Ir. Firmansyah Y. Alfian, M.B.A., M.Sc., untuk membentuk motivasi dan mendukung visi, misi, dan tujuan Darmajaya yang mencerminkan bahwa Darmajaya akan selalu selangkah lebih maju.