Profil Program Studi

Jurusan Sistem Informasi adalah Program Pendidikan jenjang strata satu (S1) Sistem Informasi dan Jenjang Diploma Tiga (D3) Manajemen Informatika Fakultas Ilmu Komputer Institute Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Program Studi Sistem Informasi IIB Darmajaya menyelenggarakan program akademik yang berkualitas yang berfokus pada minat mahasiswa untuk menyiapkan tenaga profesional yang handal dan mampu mengakomodasi perkembangan teknologi informasi di masa sekarang dan yang akan datang, menciptakan Atmosfir penelitian yang baik sehingga terselenggara penelitian dosen dan mahasiswa yang berkualitas dan mampu menghasilkan karya ilmiah berskala nasional, menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung penerapan sistem dan teknologi informasi sehingga memberikan kontribusi bagi kehidupan bermasyarakat dan melakukan kerjasama yang baik dengan pemerintah atau pihak-pihak lain dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Profil Lulusan

  1. Programer :lulusan mampu merancang, membuat dan mengimplementasikan perangkat lunak desktop, web dan mobile secara mandiri maupun dalam tim kerja untuk berbagai tujuan seperti bisnis (e-commerce), pemerintahan (e-Government), Pendidikan (e-learning) dan sebagainya.

  2. Analis dan Perancang Sistem Informasi : lulusan mampu menyediakan solusi terhadap permasalahan komputasi pada masyarakat dengan teknologi web, teknologi mobile dan sistem jaringan.Sistem analis mendesain solusi dalam teknologi informasi, memodifikasi, meningkatkan, atau mengadaptasi sistem yang ada dan mengintegrasi fitur-fitur dan peningkatan baru, untuk tujuan efisiensi dan produktivitas bisnis.
  3. Manajemen Data dan Informasi:lulusan mampu merancang, membangun, memodelkan, mengelola, mengintegrasikan dan menganalisis data pada Organisasi atau perusahaan.
  4. Pengembang Perangkat Lunak (Software Developer) : Lulusan sistem informasi juga berpotensi untuk berkarier sebagai software developer. Pekerjaan ini meliputi pembuatan, pengembangan, dan pengujian program-program perangkat lunak komputer. Software developer bisa membuat berbagai jenis perangkat lunak seperti sistem operasi dan network distribution, serta software untuk compiler yang mengkonversi program untuk dieksekusi pada computer untuk membantu meningkatkan produktivitas perusahaan secara tepat waktu. Software developer dibutuhkan oleh berbagai jenis industri, mulai dari perusahaan ritel, sektor kesehatan, industri pariwisata dan hiburan, layanan keuangan, hingga media.

” Visi progam studi Sistem Informasi, yaitu “Pada tahun 2021  Menjadi program studi yang menghasilkan Sarjana Komputer Sistem Informasi yang handal dan unggul dan memiliki kompetensi dibidang analisa, perancangan dan pengembangan sistem informasi berbasis teknologi informasi serta berjiwa tecnopreneur

Sebagai penjabaran dari visi program studi yang telah ditetapkan, maka misi program studi Sistem Informasi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang profesional di bidang Sistem Informasi melalui pendidikan terkini dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai.
  2. Menciptakan suasana akademik yang kondusif dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.
  3. Menjalin kerjasama secara institusional dengan berbagai lembaga dalam pengembangan, pemberdayaan di bidang sistem informasi melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan berbasis kemandirian yang melibatkan civitas akademika.

Testimonial Alumni

 

<
>