Prodi DKV PTS Terbaik di Lampung Gelar Workshop dalam Dialogue Art Exhibition

Prodi DKV PTS Terbaik di Lampung Gelar Workshop dalam Dialogue Art Exhibition

141
<
>

BANDAR LAMPUNG – Program Studi Desain Komunikasi Visual (Prodi DKV) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Workshop dalam Dialogue Art Exhibition di Darmajaya Society Center (DSC) Lantai II Sabtu, (20/3/2021).

Workshop membuat keramik ini dipandu Baskoro Wicaksono, S.Pd. dari Ruang Keramik Studio. Setiap peserta diberikan tanah liat earthenware untuk membentuk keramik sesuai dengan keinginannya.

Baskoro mengatakan terdapat langkah-langkah dalam pembuatan keramik. Pembuatan keramik dengan menggunakan teknik pijit (pinching) meliput sebagai berikut.

Pertama, mengolah tanah untuk mengatur kelembapan supaya tidak lengket. Kemudian, membentuk bagian alas dengan cara memipihkan tanah dengan ukuran yang dikehendaki.

Lulusan UPI Bandung ini melanjutkan setelahnya membuat pilin yaitu pilin dibentuk dengan menggulung-gulung tanah sehingga menyerupai tali. Selanjutnya, menyusun pilin di bagian alas untuk membentuk dinding karya.

Rapikan bagian pilin hingga manyatu dan membentuk bagian dinding karya. “Finishing, merapikan karya dengan menggunakan sedikit air dengan cara di usap-usap hingga bagian dinding menjadi halus,” ujarnya.

Karya dari peserta, lanjut Baskoro, dilakukan pengeringan dan kemudian dilanjutkan dengan pembakaran di Ruang Keramik Studio. “Pengeringan memakan waktu tiga hari hingga dilanjutkan pembakaran selama 24 jam. Kemudian dilakukan pengecatan karya yang telah di selesai dibakar,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Prodi DKV IIB Darmajaya, Abdi Darmawan, M.T.I., mengatakan Workshop merupakan bagian dari Dialogue Art Exhibition. “Peserta dikenalkan dalam pembuatan keramik yang diajarkan langsung dari Ruang Keramik Studio,” ungkapnya.

Abdi menambahkan gelaran ini juga yang pertama dan akan menjadi rutinitas dari Prodi DKV kedepannya. “Peserta juga dapat mengenal ragam bentuk karya dengan media yang berbeda-beda,” tuturnya. (**)

twelve − four =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − eight =