Permadu Darmajaya, Satu-satunya Orkem di Lampung yang Dapatkan Hibah Kemenag RI

BANDAR LAMPUNG—-Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya melalui Organisasi Kemahasiswaan (Orkem) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bidang Kerohanian Hindu Persatuan Mahasiswa Hindu (Permadu) patut berbangga. Hal itu karena Permadu Darmajaya telah terpilih sebagai satu-satunya Orkem di provinsi Lampung yang mendapatkan hibah dana dari Kementerian Agama RI melalui Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu. Hibah tersebut digunakan untuk mendukung kegiatan beribadah dan pengadaan inventaris ruang sekretariat UKM Permadu yang berlokasi di Aula Gedung F IBI Darmajaya.

Wakil Rektor III Novita Sari, S.Sos.,MM didampingi Kabiro Kemahasiswaan Muprihan Thaib, S.Sos.,MM dan dosen agama hindu IBI Darmajaya sekaligus Pembina UKM Permadu Ida Bagus Putu Mambal, S.Ag.,M.Si mengaku bangga atas terpilihnya UKM Permadu sebagai penerima hibah dana kerohanian sebesar Rp 23.600.000 dari Kemenag RI. “Dengan kepercayaan yang diberikan dan kerjasama yang terjalin dengan Kemenag RI, kami berharap dapat memotivasi UKM Permadu untuk senantiasa menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi dan dapat memberikan sumbangsih dan kontribusi kepada masyarakat,” ujarnya, Jumat (18/1).

Ida Bagus Putu Mambal, S.Ag.,M.Si menerangkan bahwa hibah tersebut berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Nomor 171 Tahun 2012 tanggal 31 Oktober tahun 2012 Tentang Bantuan Kegiatan Mahasiswa Hindu pada Perguruan Tinggi Umum Tahun 2012 untuk UKM Permadu IBI Darmajaya Lampung yang mendapatkan bantuan sebesar Rp 23.600.000. “Surat tersebut ditandatangani atas nama Direktur Jenderal Direktur Pendidikan Hindu Drs.Ida Bagus Gede Subawa, M.Si,” ujarnya.

Ida Bagus Putu Mambal, S.Ag.,M.Si menambahkan institusi senantiasa mendukung segala kegiatan unit kegiatan mahasiswa kerohanian di lingkungan kampus dan segala event yang membawa nama baik kampus IBI Darmajaya. “Kami berharap bantuan Kemenag RI tersebut dapat memajukan dan mengembangkan UKM Permadu lebih baik lagi serta UKM Permadu dapat menjadi sarana menyalurkan bakat kesenian dan aspirasi mahasiswa,” paparnya.

Ketua Umum UKM Permadu Komang Supardi mengaku bersyukur dengan adanya apresiasi oleh pemerintah pusat melalui Kemenag RI kepada UKM Permadu yang saat ini beranggotakan 50 mahasiswa. “Pemberian hibah tersebut berdasarkan beberapa kriteria penilaian seperti keaktifan organisasi dan legalitas organisasi dalam bentuk SK Rektor serta komitmen pembayaran pajak dengan adanya NPWP UKM yang senantiasa disupport oleh institusi,“ pungkas Komang. (*)

Ket foto:
Penyerahan bantuan hibah dana kerohanian oleh Kementerian Agama RI melalui Rektor IBI Darmajaya DR. Andi Desfiandi, SE.,MA yang diwakilkan oleh Wakil Rektor III Novita Sari, S.Sos.,MM kepada UKM Permadu yang diterima langsung Ketua Umum UKM Permadu Komang Supardi di ruang Biro Kemahasiswaan IBI Darmajaya, Kamis (17/1).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *