IBI DARMAJAYA BUKA PENDAFTARAN BEASISWA BIDIKMISI

BANDARLAMPUNG – Kabar gembira bagi siswa-siswi SMA sederajat yang berprestasi namun berasal dari kalangan kurang mampu. Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya membuka pendaftaran untuk beasiswa bidik misi bagi calon mahasiswa berprestasi dari golongan kurang mampu.

Dengan beasiswa ini, siswa kurang mampu  memiliki kesempatan kuliah di bangku perguruan tinggi tanpa harus khawatir dengan masalah biaya. Kepala Bagian Intrakurikuler dan Konseling IBI Darmajaya, Dedi Putra, SE. mendampingi Kepala Biro Kemahasiswaan, Muprihan Thaib, S.Sos.M.M., mengatakan tahun ini kopertis wilayah II membuka kuota beasiswa 405 orang yang tersebar di seluruh perguruan tinggi swasta di wilayah tersebut.

“Tahun lalu kami mendapat kuota 28 mahasiswa, sementara tahun ini kuota untuk IBI Darmajaya belum ditentukan. Kendati demikian kami sudah membuka pendaftaran penerimaan beasiswa sejak Senin (2/6) lalu, dan akan ditutup pertengahan Juli mendatang. Siswa berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan diri kepada kepala sekolah masing-masing untuk direkomendasikan sebagai calon penerima program Bidikmisi.” Jelasnya, kemarin (5/6).

Selain rekomendasi dari kepala sekolah, persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya mengisi formulir pendaftaran yang dilengkapi foto 3×4 sebanyak 3 lembar. foto kopi ijasah, kartu keluarga, rekening listrik bulan terakhir dan bukti pembayaran PBB, kartu tanda siswa (KTS) atau sejenis sebagai bukti siswa aktif.

“Calon mahasiswa juga harus menyertakan fotokopi raport semester 1-6 yang dilegalisir, surat keterangan tentang peringkat siswa dibuktikan dengan pendukung prestasi lain dibidang ko-kurikuler, serta surat keterangan penghasilan orang tua/wali atau surat keterangan tidak mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh kepala desa/kepala dusun” papar Dedi.

Masih kata Dedi, tahapan seleksi beasiswa Bidikmisi, yakni seleksi berkas, lalu tes wawancara, survey keadaan rumah dan pengumuman. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos, akan memperoleh biaya pendidikan sebesar Rp.2,4 juta/semester dan biaya hidup Rp.3,6 juta/semester.

Program beasiswa bidik misi, lanjut Dedi, berlaku untuk 4 tahun atau delapan semester dengan syarat bisa mempertahankan indeks prestasi (IP) diatas 3, aktif berorganisasi, dan berpartisipasi aktif dibidang akademik. Jika persyaratan ini tidak terpenuhi, maka beasiswa bisa dicabut sewaktu-waktu.

“Khusus di IBI Darmajaya, beasiswa bidikmisi terbuka untuk jurusan Akuntansi (S1 dan D3), Manajemen (S1), Sistem Informasi (S1), Teknik Informatika (S1), Teknik Komupter (D3). Tidak berlaku untuk jurusan Sistem Komputer”tandasnya.

Sementara itu, Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE.MA., didampingi wakil rektor bidang kemahasiswaan dan pengembangan sumber daya, Novita Sari, S.Sos. M.M., mengatakan IBI Darmajaya menyediakan banyak beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan tidak mampu. Hal ini membuka kesempatan kepada siapapun untuk bisa melanjutkan study di kampus biru ini.

“Pendidikan bukan hanya bisa dirasakan orang-orang dari kalangan berada, karena kami menyediakan banyak beasiswa, mulai dari Bidikmisi, PPA untuk mahasiswa berprestasi, BBM untuk mahasiswa tidak mampu dan beasiswa lainnya dari internal Darmajaya. Mudah-mudahan dengan adanya beasiswa ini, pendidikan tingkat perguruan tinggi bisa menyentuh semua kalangan, termasuk masyarakat tidak mampu” harapnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *