IIB Darmajaya Gelar Pelatihan Strategi Kuliah Sambil Kerja dan Membangun Studio di Youtube

IIB Darmajaya Gelar Pelatihan Strategi Kuliah Sambil Kerja dan Membangun Studio di Youtube

9
<
>

BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar pelatihan dalam jaringan (daring) Strategi Kuliah Sambil Kerja dan Membangun Studio di Youtube Jumat, (29/5/20).

Pelatihan disampaikan Sabam Parjuangan, S.T., M.Kom. selama dua jam melalui zoom meeting dengan diikuti puluhan peserta. Kepala UPT Pelatihan tersebut juga memberikan tips untuk menghasilkan konten yang baik dan bermanfaat dalam Youtube.

Sabam –biasa dia disapa – menerangkan dalam masa pandemi Covid-19 ini semua akan beralih ke digital. “Kuliah sambil kerja merupakan pilihan yang terbaik dalam pandemi Covid-19. Menjadi youtuber dan digital content creator, menjadi salah satu pekerjaan yang tepat untuk dijalani sembari kuliah karena dalam masa kuliah banyak ide-ide yang bisa dituangkan,” ungkapnya.

Kepala UPT Pelatihan IIB Darmajaya ini juga menjelaskan konsep SMART dalam menghasilkan konten video yang baik di Youtube. “Konten yang dihasilkan harus specific dan tidak mengambang. Lalu, measurable yakni terukur memiliki batas awal dan akhir serta tidak terlalu panjang karena video yang baik terdiri dari 1 menit sampai 3 menit,” tuturnya.

Konten juga harus achievable, lanjut dia, seperti tutorial harus dapat dilakukan atau tercapai. “Relevant merupakan unsur yang paling penting dalam membuat konten di Youtube. Hal ini karena bila tidak sesuai dengan kondisi saat ini atau kekinian maka viewer juga tidak tertarik untuk menontonnya,” bebernya.

Sabam menuturkan bahwa konsisten dalam menghasilkan konten juga membuat viewer akan tertarik untuk tetap menonton channel youtube. “Konten yang dihasilkan juga harus mematuhi aturan hukum yang berlaku. Dengan kondisi pandemi Covid-19 juga banyak konten hiburan bukan serius yang memiliki jumlah viewer banyak,” ujar dia ketika menjawab salah satu peserta.

Dalam meningkatkan jumlah subscribe dan viewer, Sabam juga tidak menyarankan untuk membeli dalam menambahkannya. “Hindari untuk membeli dalam menambah jumlah subscriber ataupun viewer karena Youtube akan langsung membanned channel,” urainya.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya, Dr. (Can). Ir. H. Firmansyah YA, M.B.A., M.Sc., mengatakan pelatihan yang digelar juga untuk pengajaran kepada anak-anak milenial yang terbiasa dengan gadget. “Membuat video yang bermanfaat dan tata cara menghasilkan konten secara kontinu juga diberikan oleh pembicara. Karena dosen IIB Darmajaya juga selalu mengupgrade kemampuannya sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini,” ungkapnya.

Dengan pelatihan daring tersebut diharapkan juga peserta dapat mengimplementasikannya dengan baik. “Peserta yang ingin memiliki kemampuan mumpuni menjadi content creator atau youtuber juga dapat bergabung di IIB Darmajaya. Kampus The Best IIB Darmajaya telah menghasilkan lulusan yang juga terkenal dalam Content Creatornya seperti Ikram Afro,” tutupnya. (**)

5 × five =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =