PERTAHANKAN BEASISWA BIDIKMISI, MAHASISWA IBI DARMAJAYA GELAR DISKUSI

BANDARLAMPUNG – Berlangsung di Aula Gedung Pascasarjana Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, sebanyak 90 mahasiswa peraih beasiswa Bidikmisi kampus setempat melakukan diskusi bersama tentang kiat-kiat mempertahankan beasiswa bidikmisi, kemarin (10/10). Kegiatan ini diikuti seluruh mahasiswa penerima beasiswa dari angkatan 2012/2013 hingga 2014/2015.

Kepala Bagian Intrakurikuler dan Konseling IBI Darmajaya, Dedi Putra, M.S.Ak. menuturkan sebagai penerima beasiswa dari pemerintah, mahasiswa bidikmisi memiliki tanggung jawab yang berbeda dibandingkan mahasiswa-mahasiswa lainnya. Dibidang akademik, kata dia, mahasiswa harus bisa mendapatkan nilai indek prestasi diatas 3.00 dan tidak mengalami penurunan.

Karenanya, kata dia, dibutuhkan pemahaman dan strategi bagi mahasiswa agar memenuhi tanggung jawab tersebut sehingga beasiswa yang mereka dapatkan dapat dipertahankan. “Penurunan IPK bisa berakhir fatal, karena beasiswa dapat dicoret atau dihentikan. Tentunya ini harus menjadi perhatian mahasiswa agar jangan sampai ini terjadi. Untuk itu disini kami ingin berbagi pengetahuan dan tips bagaimana mempertahankan beasiswa tersebut” katanya.

Dedi menambahkan selama ini IBI Darmajaya telah membentuk forum khusus bagi mahasiswa bidikmisi, dimana salah satu agenda kegiatan forum ini adalah melaksanakan study club yang berperan sebagai wadah mahasiswa untuk belajar sehingga nilai akademik tetap terjaga.

“Study club atau belajar bersama ini mampu menekan angka drop out bidikmisi menjadi 0. Konsep belajar yang diterapkan yakni forum bidikmisi angkatan sebelumnya akan bertindak sebagai tutor bagi forum bidikmisi angkatan baru. Di study club inilah mereka berbagi ilmu dan pengetahuan, dengan harapan mereka mampu mempertahankan IPK diatas 3 dan meningkatkan prestasinya” katanya.

Pada acara tersebut juga dilakukan pemilihan ketua angkatan bidikmisi, dimana masing-masing angkatan akan dipilih dua orang ketua mewakili Fakultas Ekonomi Dan Bisnis serta Fakultas Ilmu Komputer. Ketua terpilih, kata dia, akan memiliki tanggung jawab untuk memonitoring masing-masing angkatannya.

Sementara itu Kepala Biro Kemahasiswaan dan Pemasaran, Muprihan Thaib, S.Sos., M.M, mewakili Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE.MA., mengatakan beasiswa bidikmisi adalah beasiswa langsung dari Negara, karenanya pertanggungjawaban mahasiswa tidak lagi pada institusi tetapi Negara.

“Untuk itu saya mengingatkan mahasiswa agar dapat bertanggung jawab atas beasiswa tersebut. Saya harap mahasiswa bisa menjaga konsistensi prestasi atau nilai akademik selama kuliah disini.” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *