LAHIRKAN WIRAUSAHAWAN MUDA, CANANGKAN DARMAJAYA ENTREPRENEURSHIP 2015

BANDAR LAMPUNG – Upaya mencetak wirusahawan muda di kalangan mahasiswa terus dilakukan Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya. Langkah nyata diwujudkan  dengan mencanangkan program Darmajaya entrepreneur 2015. Target program ini yakni melahirkan mahasiswa yang berani berwirausaha serta mampu menjalankan usaha secara mandiri.

Program ini disupport oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti) melalui hibah Iptek bagi Kewirausahaan (IbK) yang berhasil dimenangkan oleh dosen Darmajaya, yakni Dr. Anuar Sanusi, SE, M.Si, Yulimaini, S.Kom, M.Cs dan Andri Winata, M.Cs.

Berperan sebagai ketua, Anuar sanusi, SE. M.Si, mengatakan Darmajaya entrepreneur 2015 digulirkan karena perguruan tinggi mempunyai tanggung jawab untuk berkontribusi meningkatkan kualitas dan kuantitas jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa.

“Di program ini, kami tidak hanya memberikan pengetahuan atau pelatihan entrepreneurship. Tetapi kami juga memberikan modal dan pendampingan kepada mahasiswa yang ingin berwirausaha, atau sudah memiliki usaha namun ingin mengembangkannya lebih baik lagi” katanya.

Berlaku untuk mahasiswa maupun alumni, metode pelaksanaan yang digunakan adalah melalui proses seleksi peserta. Pihaknya menjaring mahasiswa dengan membuka pendaftaran, lalu seleksi berkas, dan 20 peserta yang lolos akan dilakukan pembekalan dan pelatihan tentang kewirausahaan.

“Selanjutnya tahap pemagangan calon wirausaha. Disini kami telah menjalin kerjasama dengan mitra perusahaan maupun UKM untuk magang mahasiswa. Dari 20 peserta, kami pilih 5 peserta terbaik yang akan kami latih menjadi wirausahawan baru. Disini kami akan memberikan modal dan pendampingan kepada mereka selama menjalankan usaha” jelas Anuar.

Untuk menunjang pemasaran, pihaknya juga memberikan fasilitas pemasaran melalui Inkubis dan Shop Darmajaya, yang berperan sebagai wadah atau ruang bagi mahasiswa yang ingin memasarkan produknya. Mahasiswa dapat menitipkan barang, untuk kemudian dipasarkan atau dijual melalui gerai tersebut.

“Kami juga menyediakan laboratorium fakultas ekonomi dan bisnis, serta bank mini yang keberadaannya juga bisa menjadi fasilitas mahasiswa untuk belajar berwirausaha dan berinovasi untuk menghasilkan produk terbaru mereka” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE. MA, menuturkan hibah Iptek bagi Kewirausahaan (IbK) dari Dikti sejalan dengan misi IBI Darmajaya yakni menghasilkan lulusan yang kompeten dibidangnya dan berwawasan technopreneurship.

“IBI Darmajaya memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Program Darmajaya entrepreneur 2015 diharapkan akan menunjang perkembangan entrepreneur di kalangan mahasiswa. Tidak hanya belajar secara teori tetapi juga secara nyata melahirkan entrepreneur muda” pungkasnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *