Seleksi Beasiswa Bidikmis IBI Darmajaya, 120 Peserta Ikuti Tes Wawancara

Seleksi Beasiswa Bidikmis IBI Darmajaya, 120 Peserta Ikuti Tes Wawancara

Bandar Lampung – Sebanyak 120 peserta mengikuti tes wawancara penerimaan beasiswa Bidikmisi di Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya yang berlangsung selama 3 hari (12-14 Agustus).

Proses wawancara ini melibatkan PLT Wakil Rektor III, Muprihan Thaib, S.Sos.M.M., Kepala Bagian Intrakurikuler dan Konseling, Dedi Putra, SE., MS.Ak, Kepala Bagian Ekstrakurikuler dan Hubungan Alumni IBI Darmajaya Doni Andrianto, S.Kom dan Kepala Bagian Pemasaran Ibdi Irwanto, SE.

Kepala Bagian Intrakurikuler dan Konseling IBI Darmajaya Bandar Lampung, Dedi Putra, SE., MS.Ak mengatakan proses wawancara dilakukan untuk mengecek dan memastikan kebenaran data yang dilampirkan.

“Pada tes wawancara, calon penerima beasiswa ditanya seputar keadaan rumah, pekerjaan dan penghasilan orang tua, serta prestasi apa saja yang telah diraih. Komposisi antara prestasi dengan kemampuan ekonomi yakni 40% dan 60%,” terangnya.

Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lolos seleksi berkas ini juga didampingi oleh orang tuanya pada saat diwawancari. Hal ini dimaksudkan agar orangtua mengetahui hak dan kewajiban penerima beasiswa Bidikmisi.

Mahasiswa Bidikmisi harus berkomitmen untuk mampu mempertahankan indeks prestasi (IP) di atas 3 pada setiap semester. Program ini berlaku untuk 4 tahun atau delapan semester, jika persyaratan ini tidak terpenuhi, maka beasiswa bisa dicabut sewaktu-waktu. Sehingga orangtua diharapkan dapat ikut berperan dalam mengawasi dan mendukung anaknya,” ujarnya.

Selain itu, mahasiswa peraih Bidikmisi juga diharapkan mampu berpartisipasi aktif dalam berorganisasi, melakukan penelitian, dan mengembangkan kemampuannya dibidang entrepreneur. Dedi juga mengungkapkan, pendaftar Bidikmisi IBI Darmajaya tahun ini tidak hanya berasal dari Lampung tetapi juga dari luar Lampung seperti Padang, dan Depok.

Terpisah Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE., MA mengatakan, calon mahasiswa peraih beasiswa Bidikmisi nantinya diharapkan bisa menjadi mahasiswa unggulan yang berprestasi, dan mampu berkontribusi baik bagi institusi maupun masyarakat.

“Beasiswa Bidikmisi merupakan peluang bagi calon mahasiswa cerdas, dan berprestasi yang berasal dari kalangan ekonomi kurang mampu untuk bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Tentunya kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan terus meningkatkan prestasi baik dibidang akademik maupun nonakademik,” ujar dia.

Tidak hanya beasiswa Bidik Misi, IBI Darmajaya juga menyediakan banyak beasiswa lainnya, seperti PPA untuk mahasiswa berprestasi, BBM untuk mahasiswa tidak mampu, beasiswa Tafish bagi calon mahasiswa yang hapal Al-Quran dari yayasan Alfian Husni, dan beasiswa dari perusahaan yang menjadi mitra.

“Bahkan, tahun ini IBI Darmajaya juga menyediakan beasiswa keluar negeri seperti ke Wuxi Institute of Technology, program joint degree ke Universitas of West of England Bristol, dan lainnya. Mudah-mudahan dengan adanya beasiswa, pendidikan kejenjang perguruan tinggi bisa menyentuh semua kalangan, termasuk masyarakat tidak mampu. Sehingga terlahir pemimpin bangsa yang tangguh dan berdaya saing,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *