Dosen Tetap IIB Darmajaya Onno W Purbo Jadi Pembicara Pembelajaran Siber Kemdikbud RI

Dosen Tetap IIB Darmajaya Onno W Purbo Jadi Pembicara Pembelajaran Siber Kemdikbud RI

1 2
<
>

BANDARLAMPUNG – Education Computer Security Incident Response Team (EduCSIRT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) menggelar Webinar Pembelajaran Siber dengan menghadirkan narasumber pakar TIK Onno W Purbo yang juga dosen tetap Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya.

Berdasarkan laman pusdatin.kemdikbud.go.id, Onno W Purbo mengisi seminar online pada Senin, 13 April 2020 sekitar pukul 10.00 – 12.00 WIB. Dosen Pascasarjana IIB Darmajaya mengupas keamanan penggunaan aplikasi, bermedia sosial, cyberbullying, hoax dan lain-lain kepada pendidik dan peserta didik.

Onno mengatakan bahwa keamanan dalam digital dibagi tiga. “Internet safety untuk user biasa, teknik keamanan untuk admin jaringan, dan kebijakan keamanan untuk pengambil keputusan,” ungkapnya.

Menurutnya, dari sisi user (pengguna) banyak hal yang harus dikuasai. “Saya sudah sampaikan dalam kuliah di https://lms.darmajaya.ac.id/course/view.php?id=1657 dan untuk umum juga bisa coba buka melalui https://lms.onnocenter.or.id/moodle/course/view.php?id=554,” ucapnya.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya, Dr. (Can). Ir. Firmansyah YA, M.B.A., M.Sc., mengatakan Onno W Purbo merupakan pengajar tetap di kampus biru. “Kita sangat senang beliau dengan kesibukannya sebagai pakar IT dan pembicara juga dapat membagi ilmunya kepada mahasiswa/i di Pascasarjana Teknik Informatika IIB Darmajaya,” ungkapnya.

Keilmuan dan kepakarannya tidak perlu disangsikan lagi dalam dunia IT. “Selama ini Indonesia sangat bangga memiliki seorang Onno W Purbo yang selalu memberikan literasi dari dunia IT terutama terkait cyber security dan banyak hal lainnya,” ujarnya.

Firmansyah berharap kompetensi pengajar tidak hanya dapat membagikan ilmunya kepada mahasiswa dalam kelas. “Akademisi juga dapat memberikan sumbangsih saran kepada pemerintah ataupun stakeholder terkait dalam kemajuan Indonesia dan Provinsi Lampung,” tutupnya. (**)

twelve − 3 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 7 =