Dosen UTeM Malaysia Berikan Wawasan Bisnis Mahasiswa Darmajaya

Dosen UTeM Malaysia Berikan Wawasan Bisnis Mahasiswa Darmajaya

103
<
>

BANDAR LAMPUNG – Laporan bisnis adalah hasil olahan fakta yang tidak memihak, obyektif, dan terencana kepada satu orang atau lebih. Hal ini disampaikan Dr. Isma Addi Jumbri, dosen Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) dalam kelas visiting lecturer secara daring kepada mahasiswa Program Studi Manajemen IIB Darmajaya.

Dosen UTeM tersebut menerangkan bahwa fakta dari sebuah laporan dapat berhubungan dengan kejadian, kondisi, kualitas, dan hasil kemajuan organisasi.

“Dalam laporan bisnis, terdapat 5 bagian yaitu managerial control, position of business, planning, and organizing, decision, recommendation, and suggestions,” ucapnya.

Menurutnya, terdapat beberapa jenis laporan bisnis antara lain informational report, analytical report, dan proposal. Dalam penjelasannya, Dr. Isma Addi Jumbri juga menerangkan tahapan dalam menulis laporan. “Planning, writing, dan completing merupakan tahapan utama menulis laporan,” ujarnya.

Mengutip dari W. Edwards Deming yang mengatakan bahwa tanpa data, Anda adalah seseorang yang hanya beropini saja. “Strategi dalam penulisan laporan bisnis yaitu dengan mendemonstrasikan keilmuan, menyediakan contoh untuk penghubung satu sama lain, melakukan penelitian, mengajukan proposal, carilah kebutuhan audiensinya, dan menghadirkan paket yang atraktif,” bebernya.

Dr. Isma Addi Jumbri menambahkan inti dari pembuatan atau penulisan yang komprehensif dengan introduction, body, dan penutup. “Ada beberapa hal yang terisi dari memaknai pola laporan. Dalam pelaporan tidak hanya tentang tulisan saja, tetapi juga dalam implementasi ini ada yang berbentuk table, chart, gambar, peta, bahkan video,” tutupnya.

Kuliah Visiting Lecture ini dimoderatori oleh dosen pengampu mata kuliah Ni Wayan Puteri yang didukung oleh Bagian UPT Kerjasama dan Internasional Office IIB Darmajaya. Kegiatan ini merupakan bentuk pelaksanaan kerjasama Internasional yang berkelanjutan antara IIB Darmajaya dan UTeM. (**)

six + 14 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − fifteen =