fbpx
Saturday, 02 Dec 2023
  • Selamat Datang di Kampus The Best IIB Darmajaya Lampung , Kampus Pilihan Milenial Saat ini Buruan Joint di pmb.darmajaya.ac.id
TUTUP MENU

Hadirkan Dua Narasumber, Prodi Akuntansi IIB Darmajaya Gelar Lokakarya Kurikulum Berbasis OBE dan MBKM

IIB_0454 IMG_7989
<
>

BANDARLAMPUNG Prodi Akuntansi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Lokakarya Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education (OBE) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka 2023 di Aula Rapat Lantai 1 Gedung Alfian Husin, Rabu (9/8/23) lalu.

Lokakarya menghadirkan narasumber Ignatius Edward Riantono, S.E., M.Ak., CCFA, Cert.DA, CPHCM, Cert.BV., dari Universitas Bina Nusantara dan Rijadh Djatu Winardi, S.E., M.Sc., Ph.D., CFE dari Universitas Gadjah Mada. Hadir dalam pembukaan Wakil Rektor 2 Ronny Nazar, S.E., M.M., dan Wakil Rektor 3 Muprihan Thaib, S.Sos., M.M.

Ketua Prodi Akuntansi, Toni Nurhadianto, S.E., M.Sc., mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian dalam penyusunan kurikulum dengan rebranding Prodi Akuntansi. “Perkembangan teknologi yang sangat cepat juga dituntut untuk mengikuti perubahan dalam kurikulum,” ungkapnya.

Menurut dia, Lokakarya ini juga diharapkan dapat menyerap banyak ilmu dalam Kurikulum Berbasis OBE dan MBKM. “Ini juga untuk perubahan Prodi Akuntansi kedepannya agar semakin eksis dan perubahan kurikulum yang sesuai dengan OBE dan MBKM,” ujarnya.

Sementara, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., mengatakan kurikulum sangat penting dalam sebuah perguruan tinggi terutama Program Studi. “Kurikulum OBE ini bagaimana mendekatkan lulusan kita yang mempunyai potensi yang sama dengan dunia kerja,” ungkapnya.

RZ Abdul Aziz berharap Lokakarya Kurikulum OBE ini bisa menghasilkan dokumennya yang baik. “Artinya bagaimana meramu kurikulum dengan baik dan sesuai profil dari Prodi,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ignatius Edward Riantono mengatakan OBE inti sebenarnya bagaimana proses pembelajaran ditekankan kepada keberlanjutan proses dengan menerapkan inovatif, interaktif dan kreatif. “Bagaimana pembelajarannya dari student. Pembelajarannya tidak di dalam kelas dan kita memfasilitasi untuk pembelajaran itu,” ungkapnya.

Kurikulum yang dikembangkan, lanjut dia, harus berdasarkan student outcome. “Kita ingin mahasiswa menjadi apa, mau bagaimana, mereka berprofesi seperti apa, dan mau jadi pakar di bidang apa. Kita tentukan dan bagaimana kita mencapai student outcome tersebut,” ujarnya.

Narasumber lainnya Rijadh Djatu Winardi mengatakan UGM melakukan perubahan kurikulum dengan landasan penyusunan kurikulum melalui Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) dan International Education Standart (IES) 2021. “Melalui dua itu acuannya, tapi harus bertanya kepada industri dan kepada lulusan yang ada juga,” ungkapnya.

Menurut dia, KKNI dan IES 2021 menjadi referensi untuk penyusunan kurikulum. “Perubahan kurikulum juga mengakomodir implementasi MBKM dan menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 dan 5.0,” pungkasnya.

Diketahui, Lokakarya juga diikuti seluruh dosen Prodi Akuntansi IIB Darmajaya. Kegiatan Lokakarya merupakan rangkaian pelaksanaan hibah AKPT Program Kompetisi Kampus Merdeka Kemdikbudristek RI 2023. (**)

Kuy Bagikan
KELUAR

This will close in 51 seconds

Bantuan ?
Scan the code