DARMAJAYA KEMBALI RAIH HIBAH PENELITIAN TERBANYAK SE-PROVINSI LAMPUNG BANDAR LAMPUNG

—Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya kembali meraih Hibah Penelitian Dosen dengan pendanaan dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kopertis Wilayah II. Sejumlah dosen IBI Darmajaya berhasil unggul melalui persaingan ketat dan kompetitif di lingkungan Kopertis Wilayah II hingga berhasil memperoleh hibah puluhan juta rupiah tersebut. Kali ini, empat dosen yang mendapat kepercayaan menerima hibah diantaranya Dosen Fakultas Ilmu Komputer Abdi Darmawan, S.T.,M.T.I, dan tiga dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomi yaitu Wahyu Kuntarti, S.E.,M.M, Citrawati Jatiningrum, S.E.,M.Si, dan Ita Fionita, S.E.,M.M. Dengan demikian, IBI Darmajaya mendapat hibah terbanyak se-Provinsi Lampung dalam perolehan hibah tersebut.

Rektor IBI Darmajaya DR.Andi Desfiandi, S.E.,M.A., turut berbangga atas kepercayaan yang kembali diberikan Kopertis Wilayah II kepada IBI Darmajaya. “Selain penelitian tersebut berhasil meraih hibah, tentunya akan dipublikasi di dalam jurnal internal dan eksternal, sehingga tulisan penelitian dapat menjadi referensi bagi peneliti lainnya. Kemudian, dengan keberhasilan yang diraih, tentu juga akan bermanfaat bagi peneliti bersangkutan untuk meningkatkan jenjang karir atau kenaikan pangkat serta sertifikasi dosen,” papar Andi, Senin (15/7).

Andi menegaskan, setiap penelitian yang dikirimkan ke Kopertis ataupun Ditjen DIKTI telah mengalami tahap seleksi yang ketat secara internal dan dipresentasikan terlebih dahulu di hadapan jajaran pimpinan kampus biru. “Atmosfer penelitian ini melalui kinerja Lembaga Pengembangan Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat atau LP4M akan terus meningkat, sehingga nantinya Darmajaya akan masuk perguruan tinggi swasta dari kelompok perguruan tinggi binaan menjadi kelompok perguruan tinggi madya yang 100% reviewernya internal,” papar Andi.

Andi menerangkan sejumlah dosen yang berhasil meraih hibah tersebut berdasarkan Surat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah II, bernomorkan 2763/K2/KM/2013, tertanggal 2 Juli 2013, perihal Undangan Seminar Proposal Penelitian Dosen Tahun 2013. Surat tersebut berisikan daftar dosen yang layak untuk mengikuti Seminar Proposal Penelitian Tahun 2013 yang akan dibiayai oleh DIPA Kopertis Wilayah II yang ditandatangani atas nama Koordinator, Sekretaris Pelaksana Drs. Abdurrahim Idris, M.Si.

Para dosen yang meraih hibah adalah Abdi Darmawan, S.T.,M.T.I dengan judul Analisa dan Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Audit Mutu Internal dan Dokumentasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Kemudian Wahyu Kuntarti, S.E.,M.M dengan judul Desain Pengembangan Zona Wisata Teluk Kiluan dan Zona Wisata Batu Putu Provinsi Lampung, Ita Fionita, S.E.,M.M dengan judul Model Evaluasi Kinerja Organisasi Pemerintahan Kabupaten/Kota Provinsi Lampung, dan Citrawati Jatiningrum, S.E.,M.Si berjudulkan Pemberdayaan Sumber Daya Wanita Pedesaan Kearah Perbaikan Human Capital dalam Pembangunan Ekonomi Wilayah.

Kepala LP4M DR.Anuar Sanusi, SE., M.Si menambahkan pihaknya terus mengoptimalkan atmosfer penelitian bagi segenap dosen. “Sebelumnya, 22 dosen Darmajaya berhasil mendapat Hibah Penelitian Dosen Pemula Tahun 2013 dari Ditjen DIKTI, selanjutnya 4 dosen mendapat hibah kopertis ini, sehingga seluruh 26 dosen pemula berhasil meraih hibah tahun 2013. Kami senantiasa mendapat dukungan dan komitmen penuh dari pimpinan untuk mengembangkan penelitian.” ujar Anuar.

Bentuk dukungan tersebut berupa sosialisasi hibah secara rutin, persiapan proposal penelitian dan pengiriman persyaratan administrasi lebih awal kepada pihak penyelenggara pemberi hibah, serta pemberian hibah institusi kepada dosen dengan penelitiannya yang telah memenuhi kriteria tertentu, ujar dia.

Berikut kondisi ril Darmajaya dua tahun terakhir, pada tahun 2012, dari 14 proposal yang dikirimkan terdapat tujuh proposal pemenang hibah DIKTI (50%), dibandingkan tahun 2013 terjadi peningkatan yang siginifikan yaitu dari 24 proposal yang dikirimkan, 22 proposal menjadi pemenang hibah DIKTI (98%). “Inilah sebagai bukti bahwa sivitas akademika Darmajaya sudah familiar dengan budaya penelitian dan selalu mendapat kepercayaan DIKTI,” pungkasnya. Selain itu, Darmajaya telah mengirimkan enam proposal Hibah Bersaing, tiga proposal Hibah Fundamental, sembilan proposal Hibah Pengabdian Masyarakat, dan 13 proposal Hibah Kopertis. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *