UniMAP – IIB Darmajaya Kolaborasi Gelar Webinar Belajar Bahasa Korea

UniMAP – IIB Darmajaya Kolaborasi Gelar Webinar Belajar Bahasa Korea

1
<
>

BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melalui UPT Bahasa atau yang dikenal Darmajaya Language Center (DLC) berkolaborasi dengan Universiti Malaysia Perlish (UniMAP) menggelar webinar Belajar Bahasa Korea Selasa, (16/6/20).

Adapun pembicara berasal dari UniMAP, Ms. Wang Jing melalui virtual zoom dengan dihadiri oleh ratusan peserta baik dari Indonesia maupun Malaysia. Webinar juga dihadiri oleh Rektor IIB Darmajaya Dr. (Can). H. Ir. Firmansyah YA, M.B.A., M.Sc., Wakil Rektor IV IIB Darmajaya Prof. Dr. Ir. RA Bustomi Rosadi, M.S., dan Vice Chancellor at UniMAP Prof. Ir. Ts. Dr. R Badlishah Ahmad.

Rektor IIB Darmajaya Firmansyah mengatakan kolaborasi ini juga sebagai implementasi atas kerjasama yang selama ini telah terjalin sejak awal tahun 2019. “Sebelumnya juga kita telah melakukan kerjasama dalam berbagai bidang seperti joint research, student mobility, lecture exchange dan program lainnya,” ungkapnya.

Bahasa Korea ini juga sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena penggemar drama Korea. “Kolaborasi ini diharapkan dapat berlanjut dengan program-program lainnya. Tidak hanya belajar Bahasa Korea,” ujarnya.

Sementara, Vice Chancellor at UniMAP, Prof. Ir. Ts. Dr. R Badlishah Ahmad mengatakan bahwa ini pertama kalinya menggelar webinar dengan IIB Darmajaya. “Mempelajari bahasa asing dapat membantu dalam mempelajari budaya mereka dan banyak orang. Bahasa Korea ini memiliki tata bahasa yang sangat berbeda dengan eropa,” ungkapnya.

Saat ini, kata dia, orang-orang telah memulai kebiasaan diri baru dalam wabah pandemi Covid-19. “Saya sangat senang dengan kolaborasi internasional dan saya berharap dari webinar mendapatkan ide dan pengalaman baru untuk tertarik dalam mempelajari dan memahami budaya korea dan bahasanya,” kata dia.

Wang Jing selaku pembicara mengenalkan cara menyapa dalam bahasa Korea. “Untuk menyapa terdapat tingkatan dari umur, jabatan, dan situasi. Annyeonghasimnikka untuk menghormati yang disapa atau lawan bicara,” ungkapnya.

Annyeonghaseyo yang berarti juga bisa apa kabar, selamat pagi dan halo untuk peruntukan kepada sahabat atau yang dikenal. Wang Jing yang akrab dipanggil Angela ini juga mengenalkan kepada peserta webinar huruf “Hangeul”.

Dengan logatnya, Wang Jing mengajak peserta untuk menyebutkan Alfabet Han per kata. Peserta riang mengikuti per kata yang diucapkan oleh Wang Jing. Menurutnya, bahasa Korea tidak sulit untuk dipelajari. “Belajar rutin dengan menonton film atau mendengar musik juga bisa mempelajarinya,” tutupnya. (*)

17 + 8 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − eleven =