IBI Darmajaya Tingkatkan Budaya Penelitian di Kalangan Dosen Pemula

IBI Darmajaya Tingkatkan Budaya Penelitian di Kalangan Dosen Pemula

Bandar Lampung – Upaya meningkatkan budaya penelitian dikalangan dosen, IBI Darmajaya mencanangkan program hibah institusi tahun anggaran 2015. Sebanyak 12 judul usulan proposal penelitian dari dosen pemula dipresentasikan pada Seminar Proposal Penelitian Hibah Institusi di Ruang Rapat Gedung A IBI Darmajaya, kemarin (23/04).

Seminar ini merupakan agenda rutin Lembaga Pengembangan, Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) sebagai bentuk komitmen IBI Darmajaya dalam melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kepala Lembaga Pembelajaran, Pengembangan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) Dr Anuar Sanusi, SE., M.Si mewakili Rektor IBI Darmajaya Dr. Andi Desfiandi, SE., MA. mengatakan sejauh ini program penelitian dikalangan dosen dan mahasiswa sudah berjalan dengan baik.

“Guna mengoptimalkan dan memotivasi dosen pemula untuk terus melakukan penelitian, IBI Darmajaya memberikan hibah institusi. Estimasi dana berkisar Rp. 3 – 5 juta akan diberikan untuk masing-masing judul usulan proposal penelitian dari dosen pemula yang nantinya dinyatakan lolos,” ujarnya.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk manajemen mutu untuk meningkatkan kinerja lembaga dan penelitian yang dihasilkan baik secara kuantitas dan kualitasnya. “Dosen pemula belum memenuhi syarat mengikuti hibah yang lebih tinggi seperti hibah DIKTI, Sehingga IBI Darmajaya memfasilitasi para dosen pemula ini untuk melakukan penelitian dan berkesempatan mendapat hibah institusi,” terang Anuar Sanusi.

Dihadirkan 9 reviewer berkompeten dari internal dan eksternal kampus Darmajaya untuk menilai dan menentukan proposal yang lolos, seperti Dr. Ing. Ardian Ilvan dari Fakultas Teknik Elektro Universitas Lampung, dan Drs. Envermy Vem, M.Sc dari Fakultas Ilmu Komputer IBI Darmajaya.

Proposal yang akan mendapat dana hibah institusi ini tidak dibatasi jumlah. Kriteria kelulusan proposal dilihat dari kebaruan, dan manfaatnya bagi institusi dan pencapaian visi dan misi organisasi. Hasil penelitian ini nantinya akan dipublikasikan pada jurnal nasional dan internasional.

“Setiap proposal harus dipublikasikan melalui jurnal atau electronic jurnal berskala nasional dan internasional. Saat ini IBI Darmajaya telah mempunyai jurnal nasionalnya sendiri seperti Bisnis, Teknik Informatika, dan Pengabdian Masyarakat. Publikasi juga dilakukan dengan mengadakan seminar nasional dan internasional. Tahun ini, IBI Darmajaya akan menggelar seminar internasional tanggal 26 Mei 2015 di Novotel,” tuturnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *