Dosen Institut Swasta Terbaik di Indonesia Isi Kuliah di UEL Vietnam

Dosen Institut Swasta Terbaik di Indonesia Isi Kuliah di UEL Vietnam

152
<
>

VIETNAM – Dosen dari Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia, mengisi kuliah sit-in (Visiting Lecture) secara daring di University of Economics and Law (UEL) Vietnam Kamis, (15/4/2021).

Novita Sari, S.Sos., M.M., dosen Prodi Manajemen ini menyampaikan materi direct marketing, sales promotion, and public relation secara daring. Kuliah diikuti puluhan mahasiswa UEL juga dihadiri Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) IIB Darmajaya Dr. Faurani I Santi Singagerda, M.Sc., Kepala UPT Hubungan Internasional dan Kerjasama IIB Darmajaya Muhammad Dwiyan Aditiya, Perwakilan International Office UEL Vietnam Mr. Nguyen Huu Tinnh, dan Dosen UEL Vietnam Ms. Nguyen Hong Uyen M.Sc.

Novi – biasa disapa – menuturkan direct marketing menurut Kotler dan Gary Amstrong, merupakan sistem pemasaran yang memakai berbagai media iklan untuk berinteraksi secara langsung dengan target konsumen. “Biasanya interaksi ini dilakukan melalui telepon, email, atau bertemu langsung dengan konsumen untuk mendapatkan respon langsung,” ungkapnya.

Ia juga menerangkan beberapa jenis direct marketing yaitu direct mail, tele marketing, email marketing, sms and WA blasting, online and social media marketing, direct selling, dan leaflet marketing. “Promosi penjualan juga dilakukan untuk mengenalkan brand awarenes, membuat pasar mengetahui produk terbaru, bersaing dalam proses kreatif, mendorong konsumen memilih produk, atau mengubah pilihan produknya dan menjadi loyal terhadap produk,” bebernya.

Dalam mendukung promosi penjualan, lanjut dia, terdapat beberapa program yang digulirkan untuk menarik konsumen memilih produk yang ditawarkan. “Pemberian voucher, undian, hadiah, diskon hingga promo beli satu gratis satu,” tuturnya.

Novi juga menjelaskan peran public relation dalam mendukung citra positif perusahaan dengan strategi yang dijalankan. “Public relation menjadi perpanjangan tangan komunikasi perusahaan kepada masyarakat. Selain itu juga membangun relasi kepada media maupun relasi dalam kelompok ataupun komunitas,” imbuhnya.

Selain itu, public relation juga berperan dalam menyampaikan corporate social responsibility (CSR) kepada masyarakat. “Dalam era Revolusi Industri 4.0 dan pandemi ini penggunaan alat promosi yang efektif melalui platform digital seperti social media marketing, WA Blasting dan email marketing,” ucap dia menjawab salah satu pertanyaan mahasiswa asal UEL Vietnam.

Sementara, Perwakilan UEL Vietnam Ms. Nguyen Hong Uyen M.Sc mengucapkan terima kasih atas kesediaannya memberikan materi kuliah kepada mahasiswa UEL Vietnam. “Semoga kerjasama yang terjalin ini juga akan terus berjalan dan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Mr. Nguyen Huu Tinnh bahwa perkuliahan ini digelar atas kerjasama kedua belah pihak (UEL Vietnam dan IIB Darmajaya Indonesia). “Dengan memberikan wawasan kepada mahasiswa terkait manajemen perusahaan dan strategi yang dijalankan dapat menambah pengetahuannya,” tutupnya. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *