fbpx
Wednesday, 28 Feb 2024
  • Selamat Datang di Kampus The Best IIB Darmajaya Lampung , Kampus Pilihan Milenial Saat ini Buruan Joint di pmb.darmajaya.ac.id
TUTUP MENU

Kuliah Umum IIB Darmajaya-UPN Veteran Yogyakarta: Data Science dan IoT Permudah Pengembangan Bisnis

IIB_0882 IIB_0009
<
>

BANDARLAMPUNG Perkembangan platform di Internet saat ini sangat pesat. Hal ini memungkinkan pebisnis menggunakan data science untuk analisis produk maupun strategi pemasaran. Dengan hadirnya platform YouTube, pebisnis dapat mengupload video promosi yang kemudian dishare ke platform Meta untuk menjangkau lebih banyak pengunjung.

Hal ini dipaparkan oleh Ketua Jurusan Informatika Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Dr. Awang Hendrianto Pratomo, S.T. M.T. dalam Kuliah Umum “Pemanfaatan data science dan Internet of Things (IoT) untuk Bisnis” kepada mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Prodi Bisnis Digital, dan Prodi Sistem Informasi di Co Working Space Lantai 2, Rabu (4/10/23).

Menurutnya, saat ini, hadirnya platform Tiktok memungkinkan setiap orang meng-upload video dan menjangkau banyak audiens. Sehingga, proses tersebut menyebabkan banyak data yang tersebar dan dapat dimanfaatkan untuk banyak hal.

Selain itu pemanfaatan data science juga dapat dilakukan saat proses pemasaran. Salah satu contohnya ketika pengguna gawai berkendara disekitar restoran kemudian mendapatkan sms promo. “Itu merupakan salah satu bagian dari pemanfaatan data science. Seperti halnya kebiasaan kita mengeksplore halaman platform tertentu juga terekam dengan baik apakah itu hal yang baik kita tonton atau hal yang buruk,” tuturnya.

Kemudian, pemanfaatan data science dapat melakukan prediksi seperti yang dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). “Mereka dapat memperkirakan cuaca setiap hari dengan banyaknya data yang diambil ataupun dimilikinya. Kepentingan bisnis juga memanfaatkan data science untuk pengambilan sebuah keputusan,” jelasnya

Sementara, Direktur MBKM IIB Darmajaya, Dr. Muhammad Said Hasibuan, M.Kom mengatakan kegiatan kuliah umum merupakan bagian dari kerjasama yang terjalin antara IIB Darmajaya dengan UPN Veteran Yogyakarta. “Nanti akan banyak implementasi yang tentunya bermanfaat bagi perkembangan kedua perguruan tinggi,” tuturnya.

Dalam kuliah umum juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Jurusan Informatika UPN Veteran Yogyakarta dengan Jurusan Teknik Informatika IIB Darmajaya meliputi bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Penandatanganan kerjasama juga dilakukan Jurusan Sistem Informasi IIB Darmajaya dengan Jurusan UPN Veteran Yogyakarta. (**)

Kuy Bagikan
KELUAR
Bantuan ?
Scan the code