Ratusan Mahasiswa Darmajaya Jalani Pembekalan Sebelum Mengabdi ke Masyarakat

Ratusan Mahasiswa Darmajaya Jalani Pembekalan Sebelum Mengabdi ke Masyarakat

<
>

BANDARLAMPUNG – Ratusan mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjalani pembekalan praktik kuliah pengabdian kepada masyarakat (PKPM) di Gedung Alfian Husin Lantai III, Rabu, (14/8/2019). Materi pembekalan disampaikan oleh Yoeyong Rahsel, S.Pd., M.Pd., Dodi Yudo Setyawan, S.Si., M.T.I., Hendra Kurniawan, S.Kom., M.T.I., dan M. Rafiq, S.E., M.M.

Ketua Pelaksana PKPM, Rico Elhando Badri, S.E.I, M.E.I., mengatakan kegiatan ini akan fokus dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). “Ini juga bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi dan berdampak positif kepada masyarakat,” ungkapnya. Melalui kegiatan PKPM ini, menurut dia, dapat memperoleh nilai tambah pada setiap unsur didalamnya. “Bagi IIB

Darmajaya, program PKPM ini memberikan wacana baru dengan perubahan paradigma mahasiswa dengan personality development harus dapat memberikan feedback yang baik dalam pengembangan ilmu yang sudah ditekuni serta memelihara kerjasama yang berkelanjutan dengan pemerintah daerah, khususnya pada daerah wilayah sasaran PKPM,” ujarnya.

Rico –biasa dia disapa—menerangkan PKPM bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi diri. “Diharapkan bisa mengimplementasikan ilmunya dan memberdayakan kemampuan yang langsung menyentuh pada masyarakat maupun pemerintah setempat sehingga tercipta empati dalam diri mahasiswa melalui program interaksi dan sosialisasi terhadap masyarakat desa/pekon sasaran,” kata dia.

Dia menjelaskan sebanyak 572 mahasiswa dengan rincian 295 dari jurusan Manajemen, 137 Akuntansi, 75 Sistem Informasi, 73 Teknik Informatika, dan 3 Sistem Komputer. “Mereka terbagi dalam 95 kelompok dengan dua kabupaten yakni Lampung Selatan dan Pesawaran. Untuk Lampung Selatan terdiri dari tiga kecamatan yakni

Kalianda, Tanjungbintang, dan Natar. Dua kecamatan di Pesawaran yakni Gedongtataan dan Way Lima,” bebernya.
Pelaksana Tugas Wakil Rektor I, Sriyanto, Ph.D., mengatakan PKPM ini untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat. “Untuk bisa membantu masyarakat, meningkatkan taraf hidup. Yang Anda bisa lakukan nanti mengimplementasikan ilmu yang didapat,” kata dia.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer ini juga berpesan agar menjaga nama baik kampus Darmajaya. “Tolong dijaga nama baik institusi. Anda ke sana nanti dikenalinya sebagai mahasiswa Darmajaya. Anda harus berbuat sebaik-baiknya dan mengembangkan kemampuan Anda bukan membebani dan bikin repot,” ujarnya.

Dia menambahkan agar mahasiswa dapat berperilaku santun sesuai kultur Darmajaya. “Tunjukkan bahwa Anda dikirim untuk meningkatkan yang ada di sana. Pahami betul nanti yang namanya kultur Darmajaya The Best,” tandasnya.

14 − 8 =

*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 2 =