IBI Darmajaya Helat International Office Open Days

BANDAR LAMPUNG – Untuk menarik minat dan partisipasi para mahasiswa terhadap program Internasional Office, Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya menggelar Internasional Office (IO) Open Days dengan mengusung tema ‘Be Ready to Internationalization’. Dipusatkan di Warung Prancis, kegiatan ini berlangsung selama 12 hari sejak Senin (3/3) kemarin.

Kepala Kantor Urusan Hubungan International Rahmalia Syahputri, S.Kom.,M.Eng.Sc  mengatakan IO Open Days digelar untuk mengenalkan program Internasional Office seperti Passage to Asean, Student Mobility, France Corner, presentasi, dan pemutaran video tentang budaya dan teknologi negara-negara asing.

“Selain mengenalkan program international, kegiatan ini digelar dalam rangka membuka wawasan dan paradigma mahasiswa dalam memandang globalisasi, bahwa saat ini, disadari atau tidak globalisasi sudah menghampiri kita. Jadi sudah seharusnya kita mempersiapkan diri dari sekarang. Melalui IO Open Days, mudah-mudahan sedikit banyak dapat memberikan pemahaman tersebut pada mereka” katanya, kemarin.

Beberapa rangkaian acara tersebut, diantaranya movie time yakni pemutaran film-film Prancis/Inggris. Kegiatan ini, kata dia, bertujuan untuk menunjukan berbagai macam kebudayaan dan kehidupan masyarakat yang ada di negara lain melalui film. Diharapkan movie time ini dapat membuka wawasan mahasiswa, staff dan dosen serta mempertajam listening bahasa asing.

Upaya mengenalkan kebudayaan asing juga dilakukan dengan menyanyikan lagu asing. Disini seluruh sivitas akademik IBI Darmajaya berkesempatan melakukan karaoke bersama, menyanyikan lagu-lagu berbahasa asing seperti Inggris dan Prancis. “Dengan ini mudah-mudahan mereka bisa tertarik mendalami bahasa asing, terutama listening dan pronounciation dengan cara yang menyenangkan” ujar Rahmalia.

Tak hanya itu, dalam IO Open Days juga digelar Free French Trial Class, yakni kelas percobaan Bahasa Prancis untuk level awal. Pembicara Free French Trial Class, lanjut Rahmalia, adalah seorang native speakers langsung dari Prancis. Tidak hanya berlaku bagi mahasiswa, Kursus Bahasa Prancis ini juga berlaku untuk seluruh staff dan dosen yang ingin mempelajari Bahasa Prancis.

“Disini kami ingin lebih mengenalkan dan mendekatkan bahasa Prancis kepada para mahasiswa IBI Darmajaya. Kegiatan Free French Trial Class ini diadakan di Warung Prancis yang terdiri dari dua level, yakni level A dan B, dengan durasi 60 menit untuk masing-masing level.” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut juga dibuka pendaftaran student Ambassador bagi mahasiswa yang ingin menjadi duta kampus IBI Darmajaya. Student Ambassador ini nantinya bertugas mengenalkan perguruan tinggi luar negeri yang menjadi mitra IBI Darmajaya dan menjadi host ketika ada tamu dari luar negeri.

Sementara itu Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, S.E.,MA., menuturkan IBI Darmajaya saat ini memang tengah berupaya mengembangkan program-program internasional, seperti student dan lecturer mobility, penelitian dan publikasi bersama (joint research and publication), pengembangan kewirausahaan,  fast track dan double degree dengan negara-negara di ASIA dan belahan dunia lainnya.

“Kegiatan International Office Open Days diharapkan dapat mendorong minat mahasiswa dan dosen mengikuti program student dan lecturer mobility. IBI Darmajaya sendiri sampai saat ini sudah 3 kali mengirimkan mahasiswa IBI Darmajaya untuk program student mobility, dan dalam waktu dekat akan mengirimkan 15 mahasiswa ke India, Malaysia dan Thailand, serta 3 dosen untuk melanjutkan studi di India.”paparnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *