Mahasiswa Nigeria dan Vietnam Ikut Program Magang Internasional Darmajaya

Mahasiswa Nigeria dan Vietnam Ikut Program Magang Internasional Darmajaya

dsc_0020 dsc_0018 dsc_0015 dsc_0007
<
>

Bandar LampungInstitut Informatika dan Bisnis Darmajaya kembali menerima mahasiswa asing program magang internasional (international internship scholarship program). Tahap pertama diikuti 2 mahasiswa asing dan kehadiran mereka disambut oleh Kepala Kantor Urusan Hubungan Internasional, Ketua Jurusan, Dosen dan Mahasiswa di kampus setempat, kemarin (10/10).

Dua mahasiswa tersebut yakni Umar Faruq Hashim asal Nigeria, Afrika Barat dan Vu Tuan Hai asal Vietnam. Mereka akan mengikuti program tersebut di Darmajaya selama 1 bulan. Sementara tahap kedua akan diikuti 2 mahasiswa asal Malaysia yang tiba pada 19 Oktober mendatang.

Saat ini Umar Faruq Hashim tengah menempuh studi Magister Ilmu Lingkungan Hidup di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung Indonesia, dan Vu Tuan Hai merupakan mahasiswa semester VI jurusan ekonomi internasional di Foreign Trade University Vietnam.

“Sebelumnya saya pernah ke Surabaya dan saya mulai tertarik dengan Indonesia. Karena itu saya sangat senang berkesempatan magang di Darmajaya, apalagi ini pertama kali bagi saya ke Pulau Sumatera. Provinsi Lampung dengan Kota Surabaya memiliki keindahan alam dan budaya yang berbeda sehingga saya sangat senang menambah wawasan serta pengalaman untuk lebih mengenal Indonesia,” ujar Vu Tuan Hai.

Pria yang suka masakan Padang ini menuturkan, selain magang di Kantor Urusan Hubungan Internasional (KUHI) dengan ikut mempromosikan program internasional Darmajaya, ia juga berencana untuk membuat laporan tentang pariwisata Indonesia.

“Saya akan melakukan riset tentang pariwisata Indonesia, karena negara ini memiliki banyak pesona keindahan alam, termasuk Provinsi Lampung. Saya juga sempat berwisata ke beberapa pantai di Lampung pada hari Minggu (09/10) disana pemandangan lautnya sangat menawan. Pengalaman luar biasa juga saya alami pada saat Pengelola Kantor Urusan Hubungan Internasional Darmajaya membawa saya mengunjungi Taman Nasional Way Kambas,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala KUHI Darmajaya, Rahmalia Syahputri mengatakan, international internship scholarship program merupakan salah satu program internasional yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa asing untuk magang di Darmajaya, belajar bagaimana mengelola program internasional, dan ikut mengajar program study club yang terbuka bagi seluruh mahasiwa Darmajaya.

“Sehingga mahasiswa Darmajaya terbiasa untuk berinteraksi, berkomunikasi, mengenal kebudayaan asing, serta menumbuhkan sikap saling menghargai perbedaan antar bangsa dan Negara,” harapnya.

Lanjutnya, selama 1 bulan, peserta program magang internasional juga dibekali dengan pelatihan bahasa Indonesia dan membuat video aktraktif. Selain itu, mereka juga akan melakukan pengabdian masyarakat dengan mengunjungi beberapa sekolah untuk mengenalkan kesadaran internasionalisasi dan kompetisi global.

“Tahun lalu pihaknya telah menerima 4 mahasiswa asal Thailand, India, dan Vietnam untuk program tersebut. Bahkan program ini juga didukung oleh Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dengan melalui program magang internasional hibah Program Penguatan Kelembagaan Kantor Urusan Internasional sejak 2014,” ungkapnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *