Hima TI Darmajaya Helat Seminar Inovasi Android dan Upgrade Technology

Hima TI Darmajaya Helat Seminar Inovasi Android dan Upgrade Technology

<
>

Bandar Lampung – Guna menambah wawasan, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HimaTI) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya menghelat Seminar Android Inovasion and Upgrade Technolgy di Gedung Pascasarjana, Kampus Setempat, kemarin (16/04).

Kegiatan yang diikuti 80 peserta dari kalangan pelajar SMA/SMK, mahasiswa, dan umum ini menghadirkan pembicara berkompeten yakni Sidiq Permana (Intel Android Software Innovator and Google Developer Expert for Android), dan Agung Hari Wibowo (Channel Representatif AMD).

Pada kesempatan itu, Sidiq memaparkan kepada peserta tentang inovasi Android. Ia memberikan contoh di San Francisco sebagai Wilayah Jantung Teknologi di Amerika bahkan dunia. San Francisco menjadi daerah yang dikenal untuk inovasi, kreativitas pemikiran progresif,  jantung intelektual dan jiwa dari kota sekitarnya.

“Sana banyak perusahaan teknologi yang berubah dunia dikembangkan mobil tanpa driver, smart home yang mengerti dan memahami kebutuhan pemilik rumah, misalnya untuk menghemat listrik, dan lainnya,” ujarnya.

Ia juga memaparkan tentang Google cloud ML, Google cloud vision apl, Google cloud speech apl, Google cloud translate, dan Google cloud NPL yang dapat digunakan untuk mengembangkan inovasi aplikasi berbasis Android.

“Mahasiswa dalam menyusun skripsi sebaiknya membuat penelitian yang berbeda dari biasanya. Ketika lulus, perusahaan tidak akan bertanya mengenai IPK jika kalian bisa membuat penelitian Extraordinary. Selain itu dalam jika berminat dibidang Software Engineering kalian harus menguasai algoritma, struktur data, dan matematika dengan baik,” paparnya.

Ketua pelaksana, Febriansyah mengatakan, seminar ini merupakan salah satu rangkaian acara fesTIval 4 dengan mengusung tema Ciptakan Generasi Berjiwa Teknologi. Even ini juga dimeriahkan dengan perlombaan yaitu Networking Competition diikuti 11 peserta dan Graphic Design Competition diikuti 14 peserta.

Menanggapi kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset, Dr. RZ. Abdul Aziz mengutarakan apresiasinya dan menganggap kegiatan ini penting dilaksanakan. Menurutnya, saat ini semua manusia selalu bersentuhan dengan teknologi. Kini perkembangan teknologi semakin maju dengan pesat dang canggih.

“Saat ini Pemerintah Indonesia tengah booming mendorong berkembangnya start up-start up di tanah air. Bagaimana kita bisa berinovasi dalam pemanfaatan teknologi bukan lagi hanya sebagai konsumen, tapi mampu menciptakan perubahan-perubahan untuk mengatasi permasalahan masyarakat melalui solusi digital,” tuturnya.

Ia juga berharap, para peserta Seminar Android Inovasion and Upgrade Technolgy dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik untuk menambah wawasan, serta termotivasi menjadi generasi sukses sebagai technopreneur.(*)(Humas/Citra)