Menkominfo Ajak Masyarakat Manfaatkan E-government

Bandar Lampung – Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Menkominfo RI), Rudiantara, MBA mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya Lampung untuk cerdas memanfaatkan e-government.

“Fungsi dan tujuan e-government antara lain untuk meningkatkan mutu layanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi dan juga komunikasi dalam proses penyelenggaaran pemerintahan daerah supaya dapat terbentuk kepemerintahan yang bersih, transparan,  dan efektif,” ujar Rudiantara saat melakukan kunjungan kerja di Kampus Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, kemarin (22/04).

Lanjutnya, e-government mempermudah komunikasi baik antara pemerintah dengan pemerintah, pemerintah dengan bisnis, dan pemerintah dengan masyarakat. Rudiantara mengungkapkan, salah satu e-government yang tengah gencar dikembangkan yakni web desa yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kemajuan pemerintahan desa dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Saya juga mengapresiakan Darmajaya serta Relawan TIK Lampung yang ikut berperan serta, berkontribusi dalam mengembangkan web desa dipelosok daerah yang membutuhkan di Provinsi Lampung. Saya juga mengajak kaum muda khusunya mahasiswa Lampung untuk aktif dalam mengembangkan kemampuan teknologi informasi dengan kreatif, inovatif, dan bijak,” tuturnya.

Kehadiran Menkominfo RI di Kampus Darmajaya disambut hangat oleh Rektor Darmajaya, Ir. Firmansyah YA., MBA., Msc beserta jajarannya dengan diiringi tarian selamat datang dari mahasiswi Darmajaya. Sebagai ungkapan selamat datang, Rudiantara dikalungkan bunga oleh Putri Putri Minat Bakat Darmajaya serta pemakaian topi adat Lampung oleh Rektor Darmajaya.

Menkominfo juga mengunjungi Information Access Center (IAC). Ia melihat sarana prasarana laboratorium yang dimiliki Darmajaya dari hibah pemerintah Korea Selatan tersebut. Rudiantara juga melantik Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Lampung secara simbolis dengan pemasangan pin. Dilanjutkan dengan pemaparan mengenai web desa melalui Program Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) Darmajaya oleh Wakil Rektor Bidang Akademi dan Riset Darmajaya, Dr. Abdul Aziz, ST., MT.

Abdul Aziz menuturkan, PKPM merupakan salah satu program unggul yang dimiliki Darmajaya. Sejak tahun 2009 digulirkan Darmajaya, program tersebut telah menghasilkan puluhan web desa yang dibuat oleh mahasiswa PKPM.

“Melalui PKPM, mahasiswa tidak hanya belajar berinteraksi dengan masyarakat, tetapi juga menyalurkan ilmu mereka. Mahasiswa membantu aparat desa dalam membuat web desa. Mereka mengajak masyarakat mengembangkan potensi desa, memberikan pelatihan kewirausahaan UMKM serta komputer bagi masyarakat,” terangnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Gubernur Lampung, Ridho Ficardo, SPi., MSi, Bupati Pringsewu, H.Sudarno Eddi, SH., MH, Ketua Ikatan Alumni Universitas Padjajaran (IKAUNPAD) Dr. Andi Desfiandi, SE., MA, Kepala Kamar Dagang Industri (Kadin) Provinsi Lampung, Ary Meizari Alfian SE.,MBA, dan Perwakilan Satuan Kerja di Provinsi Lampung.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *