Mahasiswa Prodi DKV Darmajaya Peduli Lingkungan

Mahasiswa Prodi DKV Darmajaya Peduli Lingkungan

1
<
>

BANDAR LAMPUNG – Program Studi Desain Komunikasi Visual (Prodi DKV) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Reresik Sampah Visual bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kota Bandar Lampung Sabtu, 20 Februari 2021.

Kegiatan yang diikuti puluhan mahasiswa/i Prodi DKV dan dosen tersebut dimulai dengan apel pagi di halaman Kantor Satuan Pol PP Bandar Lampung Jalan Dr. Susilo, Telukbetung. Adapun aksi Reresik Sampah Visual dimulai dari Jalan Rasuna Said menuju Jalan Wolter Mongonsidi – Jalan Cut Mutia – Jalan Diponegoro – Jalan MS Batubara – Jalan Laks. Malahayati – Jalan Gatot Soebroto – Jalan Jend. Sudirman – Jalan Ahmad Yani – Jalan MH Thamrin finish ke Kantor Satuan Pol PP Bandar Lampung.

Ketua Pelaksana Reresik Sampah Visual, Muhammad Kadafi, S.Sn., M.DSn., mengatakan tujuan kegiatan Reresik Sampah Visual adalah mengedukasi masyarakat. Apa yang disebut dengan sampah visual yaitu iklan komersial yang tidak berizin, habis masa izinnya, dipasang tidak pada tempat semestinya.

Seperti dipaku dan ditempelkan di batang pohon, di tiang listrik dan ruang terbuka hijau. “Dengan kegiatan ini juga untuk membangun kesadaran bersama demi mewujudkan ruang publik Kota Bandar Lampung yang bebas dari polusi sampah visual dan sebagai bentuk pengabdian masyarakat Prodi Desain Komunikasi Visual Darmajaya,” tuturnya.

Kadafi –biasa dia disapa — berharap kedepannya Prodi DKV Darmajaya bersinergi bersama masyarakat, akademisi, pemerintah, komunitas dan media. “Menjaga kelestarian ruang publik Kota Bandar Lampung dan terbebas dari iklan-iklan komersil yang merusak ruang publik dan lingkungan hijau,” tuturnya.

Sementara ,Ketua Prodi Desain Komunikasi Visual IIB Darmajaya, Abdi Darmawan, S.Kom., M.T.I., mengatakan tujuannya untuk mengedukasi anak-anak terkait bagaimana cara melakukan promosi dengan media iklan yang baik. “Jadi tidak hanya sekedar mendesain saja tapi juga mesti paham regulasinya disamping juga menjaga nilai estetika kota Bandar Lampung,” ucapnya.

Ia berharap kegiatan Reresik Sampah Visual menjadi agenda rutin Prodi DKV IIB Darmajaya. “Tentunya juga dengan support dari pihak-pihak terkait,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Satuan Pol PP Bandar Lampung Suhardi Syamsi yang diwakili Haristari mengucapkan terima kasih atas kepedulian mahasiswa dan dosen DKV IIB Darmajaya untuk keindahan Kota Bandar Lampung. “Partisipasi ini juga untuk membuat Kota Bandar Lampung indah dari spanduk dan lainnya yang menempel di tempat yang tidak semestinya dan mengganggu keindahan,” ucapnya.

Ia berharap kerjasama dapat dilanjutkan kedepannya. “Kita tingkatkan lagi untuk memperindah Kota Bandar Lampung bersama,” pungkasnya. (**)

twelve − 3 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 8 =