IBI Darmajaya Jalin Kerjasama Dengan 9 Universitas Ternama di Tiongkok

IBI Darmajaya Jalin Kerjasama Dengan 9 Universitas Ternama di Tiongkok

Bandar Lampung – Upaya mempersiapkan mahasiswa dan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing ditengah era globalisasi, Institut Informatika dan Bisnis (IB) Darmajaya terus berupaya memperkuat dan melebarkan kerjasama Internasional. Bila sebelumnya perguruan tinggi berjulukan kampus biru ini telah menjalin kerjasama dengan universitas ternama di Asia dan Eropa, baru-baru ini IBI Darmajaya telah menyepakati kerjasama Internasional dengan 9 perguruan tinggi di Tiongkok.

Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE., MA dengan pimpinan 5 perguruan tinggi di Tiongkok pada acara Indonesia-China Partnership Workshop, di Nanjing Polytecnic Institute, Senin (03/08). Lima universitas tersebut yakni Jiangsu University, Nanjing Polytecnic Institute, Yang Zhou University, Soochow University, dan Nanjing University Information Science and Technology.

Sementara MoU dengan 4 perguruan tinggi lainnya telah lebih dahulu ditandatangani pada acara China-Asean Vocational Education Principal Summit yang berlangsung di Suzhou Tourism and Finance Institute, Suzhou, Tiongkok, Sabtu (01/08). Empat universitas tersebut yakni Wuxi Institute Of Technology, Nantong Vocational University, Jiangsu Jianzhu Institute, dan Nanjing College of Information Technology.

Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE., MA didampingi Kepala Kantor Urursan Hubungan Internasional, Rahmalia Syahputri mengungkapkan pada acara Internasional tersebut, IBI Darmajaya menjadi satu-satunya perguruan tinggi perwakilan Indonesia dari Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) yang hadir. Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE., MA juga sempat memberika sambutannya mewakili perguruan tinggi se Indonesia pada acara internasional di Nanjing tersebut.

“Alhamdulillah IBI Darmajaya telah bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi ternama di Tiongkok baik dibidang akademik dan non akademik. Berkat kerjasama tersebut, terbuka kesempatan bagi mahasiswa, alumni, dan dosen Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya untuk mendapatkan beasiswa penuh pada program D3, S1, S2, dan S3 di universitas-universitas ternama di Tiongkok,” terangnya.

Dijelaskannya, perguruan tinggi dan pemerintah Tiongkok serta Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Regional Open Learing Center (SEAMOLEC) selain menawarkan beasiswa full kepada mahasiswa D3 dan S1, untuk alumni dan dosen Darmajaya yang ingin mengambil S2 dan S3 juga akan diberikan uang saku. Bahkan untuk program tertentu diberikan asrama gratis yang fasilitasnya seperti apartemen mewah di Jakarta.

Bentuk kerjasama dengan 9 perguruan tinggi di Tiongkok tersebut selain pemberian beasiswa juga termasuk program internasional lainnya seperti join degree, student mobility, join research and publication, staff and lecture exchange, internship, art and culture, training, mandarin language dan sebagainya.

“Salah satu perguruan tinggi di Tiongkok juga akan mengirimkan tenaga pengajarnya untuk mengajar bahasa mandarin kepada mahasiswa di China Corner IBI Darmajaya. Semoga bentuk kerjasama ini dapat membuka kesempatan bagi Indonesia dan Tiongkok untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan guna menyiapkan pemimpin masa depan,” harapnya.

Seperti yang diketahui, pemerintah Tiongkok juga begitu serius membangun pendidikan yang berkualitas mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Kampus yang sangat besar, modern, sarana prasarana yang lengkap, ditunjang dengan tenaga pengajar yang berkualifikasi doktor dan professor. Sehingga sangat cocok untuk kegiatan proses  belajar mengajar.

“September ini, IBI Darmajaya akan memberangkatkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi untuk sekolah di Wuxi Institute of Technology selama 3 tahun melalui program beasiswa. Program ini dapat juga diikuti oleh mahasiswa baru, untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi KUHI IBI Darmajaya. Tentu peluang untuk kuliah disana dan mendapatkan beasiswa menjadi kesempatan emas yang harus dimanfaatkan mahasiswa dengan sebaik mungkin,” pungkasnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *