Mahasiswa PKPM Darmajaya Kenalkan IT Kepada Siswa SD Lamteng

Mahasiswa PKPM Darmajaya Kenalkan IT Kepada Siswa SD Lamteng

WhatsApp Image 2017-08-28 at 17.30.52 WhatsApp Image 2017-08-28 at 17.30.51
<
>

Bandar Lampung – Untuk mengenalkan informasi dan teknologi (IT) sejak dini, mahasiswa Program Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya memberikan pelatihan komputer kepada siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Bina Karya Baru, Kecamatan Putra Rumbia, Lampung Tengah.

Pelatihan yang digelar 22-24 Agustus lalu diikuti puluhan siswa kelas IV, V, dan VI ini berisi materi tentang dasar-dasar komputer, hardware, dan software. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa PKPM Darmajaya yang beranggotakan Deka Hardika, Nhoji Tuseno, Nicky Permata Sari, R. Yuni Gusfitara, Roni Hendrawan, Subhan Rajin N, dan Suciawati.

“Kegiatan ini bertujuan mengenalkan dasar-dasar komputer dan fungsinya kepada siswa SD di antaranya tentang microsoft office, internet, dan aplikasi lainnya. Kami berharap melalui pelatihan ini siswa dapat menambah ilmu dan wawasan tentang IT,” ujar Deka.

Dia melanjutkan para siswa sangat antusias mengikuti pelatihan itu. Menurutnya, dunia IT terus berkembang dan terus maju oleh karena itu pengenalan dan pemahaman IT harus dikuasai oleh semua orang terutama generasi muda agar tidak tertinggal informasi.

Deka menambahkan, selain pelatihan IT kepada siswa SD, mahasiswa PKPM di desa Bina Karya Baru juga telah memberikan pelatihan pembuatan kue lumpur singkong bagi kelompok ibu PKK setempat pada 27 Agustus lalu.

“Desa Bina Karya Baru memiliki potensi singkong yang cukup besar, karena itu kami mengajak ibu PKK untuk membuat inovasi produk olahan yakni kue lumpur singkong yang bisa dijadikan produk usaha bagi masyarakat setempat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengabdian Masyarakat Lembaga Pengembangan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) Darmajaya, M. Ariza Eka Yusendra, SP., MM mengapresiasi aktifitas positif para mahasiswa PKPM Darmajaya.

“Melalui PKPM, mahasiswa bisa belajar berinteraksi, bersosialisasi, dan berbagi ilmunya dari perkuliahan kepada masyarakat desa. Kami berharap output dari program ini dapat membuat desa lokasi PKPM menjadi lebih berkembang baik di bidang teknologi informasi dan ekonomi bisnis, sehingga dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Diungkapnya, sebanyak 408 mahasiswa Darmajaya menjalani PKPM selama satu bulan mulai 1-30 Agustus 2017 yang tersebar di 59 desa di 12 kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *