Dosen Darmajaya Berikan Materi Communication Skills kepada Guru dan Siswa SMAN 1 Bandar Lampung

Dosen Darmajaya Berikan Materi Communication Skills kepada Guru dan Siswa SMAN 1 Bandar Lampung

113
<
>

BANDAR LAMPUNG – Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Yan Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd., M.M., memberikan materi Communication Skills kepada guru dan pelajar SMAN 1 Bandar Lampung melalui virtual zoom, Sabtu (30/1/2021).

Menurut Yan Aditya, dalam komunikasi haruslah memiliki aspek sender (pembawa bahasan) dan reciever (penerima bahasan). “Komunikasi yang baik dilakukan dalam dua arah (two ways communication),” ungkapnya.

Dalam komunikasi yang efektif, kata dia, harus juga ada feedback  untuk memahami situasi yang disampaikan. “Meliputi adanya penyampaian, data, konfirmasi, umpan balik, dan respon balik,” ucapnya.

Kepala UPT Bahasa IIB Darmajaya itu juga menjelaskan perkembangan dunia digital saat ini mengalihkan pola yang dahulunya tradisional (tatap muka, ekspresi, dan gerakan langsung) menjadi lebih komprehensif secara digital.

“Baik chatting ataupun telepon seperti sapaan dan poin tepat sasaran yaitu dengan cara melihat waktu bertanya, konsep sapaan, langsung isi yang yang penutup,” tuturnya.

Masih kata dia, poin lain yang perlu diperhatikan dalam mengefisiensikan komunikasi yaitu perlu adanya latihan yang terus-menerus dan penyampaian yang simpel serta fokus. “Untuk menjadi seorang yang ahli dalam berkomunikasi juga diperlukan latihan dengan memahami tiap tutur kata maupun gerak-gerik dari lawan bicara,” terangnya.

Untuk lebih lanjut dalam hal pemahamannya, Yan Aditya mengajak guru dan pelajar SMAN 1 Bandar Lampung dapat mengikuti kursus ke UPT Bahasa IIB Darmajaya. “Di Darmajaya dapat mendalami bahasa dengan komunikasi yang baik selain bahasa Indonesia dan bahasa asing lainnya (bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Perancis, dan Korea),” imbuhnya.

Sebelumnya, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMAN 1 Bandar Lampung, Andre Hari Wibowo, S.Pd. mengatakan kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman kepada pelajar agar dapat berkomunikasi secara efektif. “Komunikasi sangat penting dalam menjalin sebuah hubungan,” ucapnya.

Menurutnya, materi yang disampaikan juga membantu mengetahui tata cara komunikasi dengan tanda-tanda. “Materinya sangat bermanfaat bagi kami dan anak-anak,” tutupnya.

Sementara, Kepala Biro Humas dan Pemasaran M. Rafiq, S.E., M.Si., mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk membagikan ilmu kepada siswa/i SMAN 1 Bandar Lampung. “Ke depan kita juga akan terus membagikan ilmu dengan kompetensi dosen-dosen The Best lainnya,” kata Rafiq.

IIB Darmajaya, lanjut dia, memiliki banyak pakar yang selama ini juga telah berkecimpung dalam berbagai lini. “Salah satunya Bapak Onno W Purbo yang juga praktisi dan pakar IT dunia. Ingin langsung belajar dengan Pak Onno langsung daftar ke Darmajaya,” tutupnya. (**)

2 + 14 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 3 =