fbpx
Wednesday, 21 Feb 2024
  • Selamat Datang di Kampus The Best IIB Darmajaya Lampung , Kampus Pilihan Milenial Saat ini Buruan Joint di pmb.darmajaya.ac.id
TUTUP MENU

Satu-satunya di Lampung, IIB Darmajaya – Kemenkominfo Menandatangani Kerja Sama Literasi Digital

WhatsApp Image 2023-02-27 at 15.02.00
<
>

BANDARLAMPUNGInstitut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Lampung yang menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital.

Perjanjian kerja sama itu berdasarkan Nota Perjanjian Kerja Sama No. B-12/DJAL/HK.04.02/02/2023 dan No. 014/DMJ/REK/MBKM/II-2023, Kamis (23 /2/2023). Nota kerja sama ditandatangani oleh Rektor IIB Darmajaya Dr. Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc. dan Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Samuel A Pangerapan, B.Sc, M.M. “Hanya sekitar 28 perguruan tinggi di Indonesia, baik di Sumatra, Pulau Jawa, maupun luar Pulau Jawa. IIB Darmajaya menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Lampung yang menandatangani kerja sama Literasi Digital dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika,” kata Rektor IIB Darmajaya Dr. Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc.

Menurut Firmansyah, tujuan kerja sama ini adalah untuk menciptakan sebuah tatanan masyarakat yang memiliki kemampuan menggunakan gawai guna mengakses internet secara pribadi dengan pola pikir dan pandangan yang kritis-kreatif sesuai dengan UU. “Literasi Digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengkomunikasikan konten. Konten tersebut terdiri dari empat pilar, yaitu, digital, skill, digital culture, digital safety dan digital ethics dengan kecakapan kognitif maupun teknikal,” kata Firmansyah.

Sementara, Dekan Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I, mengatakan terdapat 28 perguruan tinggi yang memiliki perjanjian kerja sama dengan Kemenkominfo, salah satunya adalah IIB Darmajaya. “Kita satu-satunya kampus di Provinsi Lampung yang menandatangani perjanjian kerja sama,” kata dia.

Dalam perjanjian kerja sama itu, lanjut Sutedi, selain pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang Aplikasi Informasi, juga meliputi kerja sama penyelenggaraan kegiatan Literasi Digital termasuk seminar, perkuliahan umum, pembentukan dan pendampingan Pandu Digital, tetapi tidak terbatas. “Tujuannya untuk meningkatkan kapabilitas , kualitas dan kecakapn sumber daya masyarakat dan civitas akademica, serta kegiatan lainnya yang disepakati kedua belah pihak, yaitu IIB Darmajaya dan Kementerian Komunikasi dan Informatika,” kata dia. (**)

Kuy Bagikan
KELUAR

This will close in 51 seconds

Bantuan ?
Scan the code