Wow… Kampus The Best ini Heboh dengan Parade Budaya Nusantara

Wow… Kampus The Best ini Heboh dengan Parade Budaya Nusantara

WhatsApp Image 2021-12-30 at 13.09.51
<
>

BANDARLAMPUNG – Parade Budaya “Kenali Budayaku Cintai Negeriku” getarkan panggung indoor di Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya di Aula Lantai 3 Gedung Rektorat, Kamis (30/12/2021). Kegiatan itu dibarengi dengan Pelepasan Pertukaran 15 Mahasiswa Dalam Negeri Kampus Merdeka Modul Nusantara.

Ke-15 mahasiswa itu adalah Juniliawati Anggraeni (Universitas Jember), Monik Solistyowati, Winda Fandira, Tri Auliya Nabila (Universitas Negeri Malang), serta Kartini Apriani Hutagaol, Yolinvianus Paulus Kako, Jarwanti Sri Desy Fausi, Rahmat Nanda (Universitas Merdeka Malang).

Kemudian, Ratna Chyntia Vinoliana dan Salsadilla Putri (Universitas Muhammadiyah Jember), Sastia Hoerunnisa (Universitas Galuh), Lany Christanty, Lauda Khansa Bilqis (Universitas Muhammadiyah Magelang), Anggi Sutisna (Universitas Muhammadiyah Sukabumi), dan Nurul Hidayah (Universitas Kuningan).

Mereka menggunakan pakaian adat Nusantara terdiri pakaian adat daerah Lampung, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan, NTT, Aceh, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Dalam parade budaya itu, mahasiswa menyanyikan lagu-lagu daerah ‘Alusi Au’ dengan ‘Tari Tor-tor’ dari Sumatra Utara dan ‘Cublak-cublak Suweng’ dari Jawa Tengah. Tak hanya itu, mereka juga unjuk kebolehan dengan menampilkan tari bedana di hadapan para Civitas Academica IIB Darmajaya dan perwakilan perguruan tinggi masing-masing secara daring.

Koordinator Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Hendra Kurniawan, S.Kom., M.T.I., mengatakan pertukaran mahasiswa kampus merdeka adalah pertukaran mahasiswa satu semester antar pulau dengan perguruan tinggi mitra. “Pertukaran mahasiswa Merdeka merupakan implementasi MBKM dengan tujuan untuk mengenal dan membangun rasa toleransi antar daerah,” kata dia.

IIB Darmajaya, lanjut dia, dalam implementasi MBKM mengambil bagian dalam kegiatan Pertukaran Mahasiswa Dalam Negeri Kampus Merdeka Modul Nusantara. “Terdapat 15 mahasiswa yang mengikuti pertukaran kampus merdeka dari beberapa perguruan tinggi secara daring dan luring. Sebanyak 14 mahasiswa mengikuti secara luring dan satu mahasiswa mengikuti secara daring,” ujarnya.

Menurut dia, dua bulan lebih mahasiswa menjalani aktivitas perkuliahan di IIB Darmajaya dengan lancar. “Mahasiswa ini akan kembali pada 15 Januari-20 Januari 2022 untuk dipulangkan ke perguruan tinggi asal masing-masing. Semoga periode selanjutnya akan lebih spektakuler dengan berasal dari kota lainnya,” kata dia.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., mengucapkan terima kasih kepada Kemdikbudristek RI yang telah mempercayakan IIB Darmajaya dalam menggelar pertukaran mahasiswa kampus merdeka dalam negeri maupun luar negeri. “Saya berharap kegiatan ini dapat terus berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Menurut Firmansyah, kesempatan yang diberikan Kemdikbudristek RI dengan program MBKM menjadikan perguruan tinggi swasta setara dengan negeri. Mahasiswa di PTS dapat kuliah juga di PTN dengan menyesuaikan matakuliah yang dapat dikonversikan ke perguruan tinggi asal. “Ini merupakan suatu kemajuan yang baik dalam bidang pendidikan dengan memberikan kesempatan mahasiswa kuliah di luar kampus,” kata dia.

Rektor juga berpesan agar menyebarluaskan tentang keberagaman dan keindahan Provinsi Lampung ketika kembali ke daerah asal. “Sampaikan kepada teman, saudara dan adik tingkat tentang budaya dan keindahan Provinsi Lampung juga IIB Darmajaya. Salam kami kepada rektor dan dosen di perguruan tinggi adik-adik,” pungkasnya.

Sementara. perwakilan mahasiswa, Anggi Sutisna menyampaikan terima kasih kepada IIB Darmajaya yang telah memberikan kesempatan untuk mengenal budaya daerah. “Terima kasih kepada Rektor dan jajaran atas sambutannya serta dosen yang selama ini memberikan pengajaran,” ungkapnya.

Menurut dia, bersama teman-teman sangat senang dapat berkuliah di IIB Darmajaya. “Dengan perbedaan budaya juga makanan membuat kita belajar dan menambah wawasan,” kata dia. (**)

five − 3 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =