IBI Darmajaya Anugerahkan Penghargaan Kepada Wisudawan Terbaik dan Berprestasi ‘

IBI Darmajaya Anugerahkan Penghargaan Kepada Wisudawan Terbaik dan Berprestasi ‘

Bandar LampungInstitut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya menggelar sidang senat terbuka dengan agenda utama pengukuhan 337 wisudawan angkatan ke XIX di Graha Mandala Alam, Jl Pagar Alam Gg PU Bandar Lampung, Sabtu (11/04).

Wisudawan Fakultas Ilmu Komputer sejumlah 189 lulusan. Sementara wisudawan Fakultas Bisnis dan Ekonomi sebanyak 148 lulusan. Jumlah ini terdiri dari program Diploma, Sarjana, dan Magister.

Sebagai bentuk apresiasi kepada wisudawan yang telah berjuang dan memberi kontribusi positif pada institusi melalui prestasi yang dihasilkan, IBI Darmajaya memberikan penghargaan kepada wisudawan terbaik dan penghargaan Deanlist. Terdiri dari 10 wisudawan terbaik jurusan, 12 wisudawan berprestasi di bidang akademik dan 3 wisudawan berprestasi bidang non akademik.

Lulusan terbaik dari Fakultas Ilmu Komputer masing-masing dari Jurusan Teknik Informatika yakni Feby Widyaningrum  dengan IPK 3,78; Jurusan Sistem Informasi diraih oleh Meiliza dengan IPK 3,72; Jurusan Teknik Komputer diraih oleh Ardiyanto dengan IPK 3,45; dari Jurusan Sistem Komputer diraih oleh Edi Triono dengan IPK 3,21 dan Jurusan Management Infomatika Informatika yakni Agus Sodikin dengan IPK 3,11. Sementara lulusan terbaik Fakultas Bisnis dan Ekonomi masing-masing dari Jurusan Management yakni Brian Tri Hartanto dengan IPK 3,86 ; dari Jurusan Akuntansi (S1) diraih oleh Damayana dengan IPK 3,88 dan Jurusan Akuntansi (D3) diraih oleh Anggun Octaviana dengan IPK 3,30. Lulusan terbaik Magister Teknik Informatika yakni Tri Aristi Saputri dengan IPK 3,63 dan Magister Manajemen diraih oleh Niken Paramitasari.

Wisudawan peraih penghargaan Deanlist bidang akademik diraih oleh Adi Sucipto, dan Kurniawan Putra dari Jurusan Teknik Informatika; Meiliza, Muhammad Tarmizi, dan Dina Rusda Ulfa dari Jurusan Sistem Informasi; Ady Nugraha, Dwi Hastutik, dan Brian Tri Hartanto dari Jurusan Management; Ria Aghnesia, Lilin Marisa, Linda Maisyaroh, dan Juwita Utami dari Jurusan Akuntansi. Sementara wisudawan berprestasi bidang non akademik diraih oleh Dima Ramadhan S dari Jurusan Sistem Komputer; Doni Avelino dan Muhammad Irwandi dari Jurusan Sistem Informasi.

Rektor IBI Darmajaya Dr. Andi Desfiandi, S.E.,M.A. dalam sambutannya menyampaikan persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 menjadi tantangan bagi negeri ini, bagi rakyatberprestasi. Untuk menghadapi persaingan saat ini mahasiswa tidak bisa hanya mengandalkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan nama besar almamater, tetapi juga diimbangi dengan skill atau kompetensi yang mumpuni serta berkarakter baik, sehingga mampu bersaing secara luas baik di dunia kerja maupun dunia usaha.

“Menjawab tantangan MEA 2015, Darmajaya berkomitmen mencari solusi-solusi atas tantangan global, mengembangkan pendidikan kepada para calon pemimpin masa depan dan terus menyempurnakan mutu lulusannya. Sudah menjadi komitmen kami untuk bisa mencetak mahasiswa-mahasiswa yang berkualitas dan berdaya saing, baik tingkat regional maupun internasional. Beberapa upaya yang dilakukan, yakni terus meningkatkan kerjasama internasional dengan sejumlah perguruan tinggi ternama di Negara ASEAN, membekali mahasiswa dengan sejumlah skill yang diakui secara internasional, serta mengembangkan program technopreneurship di kalangan mahasiswa,” terangnya.

Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II Prof. DR. Diah Natalisa M.B.A mengucapkan selamat kepada IBI Darmajaya Bandar Lampung yang kembali meningkatkan produktivitasnya dengan mewisuda total sebanyak  337 orang alumni baru.

“Saya berharap IBI Darmajaya dapat meningkatkan kualitas atas kualifikasinya. Baik dalam hal kompetensi dosen, mahasiswa, alumninya, fasilitas pembelajaran, dan akreditasnya. Sehingga partisipasi positif dalam pembangunan sumber daya manusia yang berketerampilan tinggi, profesional dan berbudi luhur di Indonesia pada umumnya dan Lampung pada khususnya dapat terus terlaksana dengan baik dan berkelanjutan,” tandasnya.

Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 persaingan dunia kerja menjadi sangat luas dan sangat kompetitif. Dengan program sertifikasi diharapkan skill mahasiswa dapat dikenali secara internasional.

“Dalam kesempatan ini kami mengapresiasi langkah IBI Darmajaya yang telah memulai untuk menjalankan program sertifikasi Internasional bagi calon lulusannya sebagai salah satu prasyarat wisuda. Semoga hal tersebut benar-benar dapat bermanfaat bagi lulusan dan semoga pengembangan skill mahasiswa di Perguruan Tinggi  IBI Darmajaya dapat terus dilakukan dan ditingkatkan. Sehingga lulusan Darmajaya tidak hanya akan mengharumkan nama baik almamaternya, namun akan memberikan kebanggaan bagi daerah, dan negaranya,” pungkas Diah Natalisa.

Pada kesempatan itu, Diah juga mengucapkan selamat atas naik tingkatnya LP4M IBI Damajaya ke level Madya. Diakuinya hingga saat ini IBI Darmajaya menjadi PTS yang jumlah penelitiannya terbanyak di sumatera.

Wisuda ini dihadiri oleh perwakilan Gubernur Lampung, Kopertis Wilayah II Prof. DR. Diah Natalisa M.B.A, perwakilan perguruan tinggi, dan instansi swasta. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *