fbpx
Wednesday, 28 Feb 2024
  • Selamat Datang di Kampus The Best IIB Darmajaya Lampung , Kampus Pilihan Milenial Saat ini Buruan Joint di pmb.darmajaya.ac.id
TUTUP MENU

Puluhan Mahasiswa dari 5 Negara Ikuti Kegiatan Summer Program di IIB Darmajaya

Opening Ceremony - 10 Opening Ceremony - 9 Opening Ceremony - 1
<
>

BANDARLAMPUNG Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya kedatangan puluhan mahasiswa Nantong Vocational University (NTVU) Tiongkok untuk menjalani berbagai kegiatan Summer Program selama 12 hari (16 – 28 Oktober 2023).

Adapun puluhan mahasiswa tersebut didampingi kedua dosen Jian Feng Liu dan Cai Yanan. Selain dari Tiongkok, Summer Program juga diikuti mahasiswa dari Filipina, Afrika Selatan, Pakistan, dan Mesir.

Kepala UPT Hubungan Internasional IIB Darmajaya, Rahmalia Syahputri mengatakan puluhan mahasiswa dan dosen NTVU, Tiongkok selama 12 hari menjalani kegiatan Business Sprint dan Culture Exchange dalam Summer Program. “Dengan semangat lintas budaya, pertukaran ide, dan transformasi pengetahuan berjalan selama dua minggu. Mulai pelatihan, diskusi kelompok, kuliah umum, kelas mandarin, perjalanan sejarah, olahraga bersama, dan pengabdian masyarakat,” ucapnya.

Tak hanya itu, lanjut dia, mereka juga belajar mengenai Waste Management di Kota Metro. “Kami senang dan merasa terhormat menjadi bagian dari program inisiatif pengelolaan sampah dan ekonomi sirkular bersama Coca Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia. Hal ini penting untuk melindungi lingkungan, meningkatkan kesehatan dan keselamatan masyarakat, melestarikan sumber daya, dan memberikan manfaat ekonomi,” ujarnya.

Menurut dia, mengelola sampah dengan benar dapat menciptakan masa depan yang lebih baik bagi diri sendiri dan generasi mendatang. “Kegiatan ini merupakan bagian dari program bersama NTVU, Tiongkok dan Konsorsium Passage to ASEAN diikuti lebih dari 30 mahasiswa internasional dari 5 negara, ratusan siswa sekolah menengah dan atas, belasan UMKM, sekolah, dan masyarakat di empat kota di Provinsi Lampung yaitu Bandarlampung, Metro, Pesawaran, dan Lampung Selatan,” tuturnya.

Pejabat Sementara Rektor IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., mengatakan kegiatan ini bukan hanya sekadar untuk peningkatan pengetahuan mahasiswa. “Tujuannya adalah dalam peningkatan kualitas pendidikan antara kedua perguruan tinggi juga implementasi kerjasama yang dijalin selama ini,” ungkapnya.

Kegiatan ini, lanjut dia, juga akan banyak memberikan pengaruh bagi berbagai bidang seperti lingkungan, ekonomi, budaya, hingga teknologi. “Adanya sharing knowledge baik dari mahasiswa maupun dosen menambah keilmuan dan kemampuan akademik masing-masing,” tuturnya.

Sementara, perwakilan dari NTVU, Tiongkok, Mr. Jian Fengliu menyambut baik Business Sprint dalam Summer Program. “Kami senang dapat mengikuti kegiatan ini sebagai bagian dalam peningkatan kualitas perguruan tinggi,” ungkapnya.

Masih kata dia, “Semoga kegiatan ini semakin menambah pengetahuan mahasiswa/i dari kedua negara dan menjalin keakraban serta komunikasi kedua perguruan tinggi,” tutupnya. (**)

Kuy Bagikan
KELUAR
Bantuan ?
Scan the code